Waspadai! Efek Samping Parasetamol Dibalik Manfaatnya

Parasetamol adalah obat untuk beragam penyakit. Kebanyakan masyarakat menggunakan obat parasetamol ini sebagai penurun panas yang paling ampuh. Tidak hanya menurunkan panas saja, sederet penyakit seperti flu, nyeri otot, sakit gigi, serta sakit kepala pun bisa di sembuhkan dengan hanya menelan pil parasetamol. Memperoleh parasetamol juga sangat mudah dan tidak membutuhkan resep dari dokter. Obat ini biasa dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari, setelah makan. Seperti obat kimiawi lainnya, parasetamol juga memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti berikut ini :

  1. Iritasi lambung

Terlalu sering mengkonsumsi parasetamol dapat mengakibatkan iritasi lambung yang berujung pada rasa sakit saat buang air dan keluar sedikit darah. Biasanya sebelum mengkonsumsi parasetamol dokter menyarankan untuk makan terlebih dahulu, hal tersebut berfungsi untuk mencegah terjadinya iritasi lambung. Maka sebaiknya gunakan obat parasetamol sesuai aturan saja dan tidak berlebihan.

  1. Membuat tubuh jadi mudah lelah

Senyawa di dalam parasetamol dapat memberikan efek mudah lelah apabila dikonsumsi terlalu sering. Kebanyakan orang saat merasa demam atau pusing langsung memilih untuk mengandalkan parasetamol sebagai obat pereda sakit. Sehingga tanpa disadari mereka telah mengkonsumsi parasetamol terlalu banyak dan membuat tubuh menjadi cepat lelah, mudah ngantuk dan ingin banyak beristirahat. Untuk menanggulanginya, kurangi konsumsi parasetamol secara teratur.

  1. Alergi tubuh

Efek parasetamol yang mudah terlihat adalah alergi gatal-gatal. Bagi sebagian orang yang memiliki riwayat penyakit alergi, biasanya akan disarankan oleh dokter untuk mengkonsumsi obat selain parasetamol. Karena saat menggunakan parasetamol dapat memicu timbulnya reaksi alergi secara cepat melalui gatal-gatal pada bagian tubuh.

  1. Menurunkan kadar anti oksidan

Anti oksidan dalam tubuh sangatlah diperlukan untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Kandungan di dalam parasetamol dapat menurunkan kadar antioksidan di dalam tubuh. Sehingga membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu dan mudah sakit.

Simak Juga  3 Efek Samping Rumput Laut Paling Dominan Untuk Kesehatan

Demikianlah beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan parasetamol secara berlebihan. Supaya hal tersebut tidak terjadi pada diri kita, maka konsumsi parasetamol sesuai dengan anjuran dari dokter dan dosis yang tepat. Semoga bermanfaat