Waspadai 5 Efek Samping Antibiotik Yang Paling Berbahaya!

Antibiotik merupakan salah satu jenis obat-obatan kimiawi yang sering kita jumpai. Antibiotik berfungsi untuk mengatasi rasa sakit dengan menekan pertumbuhan bakteri atau mikroorganisme di dalam tubuh. penggunaan antibiotik dalam jangka panjang dan juga jumlah yang cukup banyak, ternyata dapat menimbulkan beberapa efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh obat antibiotik :

  1. Memberikan efek resisten terhadap obat serupa

Penggunaan antibiotik yang terlalu sering dapat mengakibatkan tubuh menjadi resisten terhadap obat serupa. Dimana ketika ada penyakit serupa yang menyerang tubuh, tidak dapat di obati dengan antibiotik atau harus meningkatkan dosis penggunaannya apabila diperlukan.

  1. Merusak kekebalan tubuh

Antibiotik berfungsi untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme dalam tubuh. Namun terdapat beberapa mikroorganisme yang tumbuh di bagian kulit, selaput lendir dan juga usus yang penting. Antibiotik dapat merusak pertumbuhan mikroorganisme tersebut dan menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit-penyakit menular.

  1. Menyebabkan infeksi pada organ intim

Kasus seperti ini biasanya akan lebih mudah menyerang para wanita. Konsumsi antibiotik dalam waktu yang lama dapat menumbuhkan bakteri candida di dalam tubuh secara berlebih. Bakteri tersebut adalah penyebab munculnya keputihan pada bagian intim perempuan. Efek keputihan ini menimbulkan rasa gatal, bau tidak sedap dan pastinya rasa tidak nyaman bagi para perempuan.

  1. Gangguan pencernaan

Konsumsi antibiotik secara berlebihan ternyata juga dapat mengakibatkan gangguan sistem pencernaan dalam tubuh seperti diare, nyeri perut dan mual-mual. Oleh karenanya, penggunaan antibiotik ini sudah seharusnya di dasarkan oleh resep dari dokter dan juga diimbangi dengan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat.

  1. Pemicu penyakit-penyakit yang lebih serius

Selain beberapa penyakit diatas, konsumsi antibiotik secara berlebihan akan dapat mengakibatkan munculnya penyakit yang lebih serius seperti gangguan pada fungsi hati, penurunan sel darah putih, gangguan fungsi otak, hingga koma.

Untuk mencegah timbulnya efek samping dari penggunaan antibiotik, sebaiknya melakukan saran dari dokter dan juga mengkonsumsi sesuai dosis yang sudah di berikan. Selain itu perlu diketahui bahwa setiap antibiotik yang diberikan pada pasien sudah sesuai dengan penyakit pasien dan harus di habiskan agar antibiotiknya tidak resisten. Semoga bermanfaat!