Waspada Efek Samping Daun Miana Berikut Ini?

Pernahkah Anda mendengar nama daun miana? Daun miana memiliki warna yang khas yaitu hijau kombinasi merah sehingga terlihat cantik dan sering juga dijadikan sebagai tanaman hias. Akan tetapi tanaman ini juga telah banyak digunakan sebagai obat berbagai penyakit yang dianggap begitu ampuh. Sebelum mengenal daun miana sebagai tanaman obat sekaligus efek samping daun miana bagi tubuh, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu tenang tanaman daun miana ini.

Tanaman miana di beberapa daerah memiliki sebutan yang berbeda diantaranya saru-saru, atir-ti, si gresing, jawer kotok, majana, kentangan dan iler. Tanaman ini sering dimanfaatkan daunnya untuk kebutuhan pengobatan tradisional. Perlu Anda ketahui pula bahwa tanaman miana ini bisa tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi yang mencapai ketinggian hingga 1500 meter diatas permukaan laut. Oleh karena itu tak heran jika tanaman ini sangat mudah untuk tumbuh subur di berbagai tempat.

Sebagai tanaman yang dikenal sebagai obat, maka daun miana yang sering digunakan  ini memiliki kandungan antara lain tanin, lemak, kalsium, minyak atsiri, phytosterol, antibiotik eugenol, methil salicylate dan terdapat lendir. Meskipun memiliki banyak kandungan yang bermanfaat namun siapa sangka jika tanaman ini juga memiliki efek samping yang sebaiknya perlu diperhatikan oleh masyarakat.

Saat ini pengobatan tradisional memang banyak disarankan karena dibuat dari bahan-bahan alami yang tak menimbulkan efek samping. Berbeda dengan obat dari bahan kimia yang justru sangat rentan terhadap timbulnya efek samping. Meskipun daun miana tergolong sebagai tanaman obat yang alami namun ternyata efek samping daun miana tak boleh diabaikan begitu saja. Banyak masyarakat yang telah mempercayai bahwa efek samping daun miana yang cukup serius adalah bisa mengakibatkan keguguran pada ibu hamil.

Simak Juga  Demam Berdarah: Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Jambu Merah

Tentu saja hal ini sangat berbahaya namun hingga saat ini belum terdapat penelitian yang jelas mengenai penyebab efek samping daun miana yang bisa mengakibatkan keguguran pada ibu hamil. Akan tetapi Anda tak perlu khawatir terutama bagi para ibu hamil karena efek samping daun miana ini tetap aman dikonsumsi ibu hamil jika masih dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Sebagai pencegahan dari efek samping daun miana yang mungkin terjadi, maka sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi daun miana terlebih untuk jangka waktu yang panjang.

Itulah penjelasan mengenai waspada efek samping daun miana yang sangat penting untuk Anda ketahui. Sebetulnya meskipun dikenal memiliki efek samping daun miana yang sangat berbahaya bagi ibu hamil namun dibalik itu zat-zat yang terkandung dalam daun miana sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Bahkan tak hanya itu, manfaat daun miana juga bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti ambeien, bisul, demam, sembelit, demam, diabetes mellitus, sakit perut, terlambat datang bulan, borok, sakit mata merah, serta untuk membantu proses pembersihan darah pada saat haid terakhir. Akan tetapi pastikan mengkonsumsi daun miana dengan dosis yang tepat agar tak berbahaya terutama bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat! Salam Sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!