Waspada! 7 Efek Samping Kolagen Dibalik Manfaatnya?

Kolagen sebenarnya secara alami sudah dibentuk di tubuh manusia. Melalui penelitian, kolagen sendiri telah diketahui wujudnya sebagai protein. Adapun jumlahnya kira-kira 30% dari seluruh protein yang ada di dalam tubuh. Namun karena beberapa faktor seperti usia dan pola hidup yang tak sehat, membuat kolagen yang diproduksi oleh tubuh menjadi berkurang. Maka dari itu, jangan heran jika banyak yang mengkonsumsi kolagen dalam bentuk pil, suplemen, maupun suntikan.

Tentu saja kolagen yang tidak alami tersebut mempunyai efek samping bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Apa sajakah efek samping kolagen itu? Berikut ulasannya.

Reaksi Alergi

Efek samping kolagen yang sering dialami adalah adanya reaksi alergi. Anda harus tahu bahwa sistem imun atau ketahanan tubuh seseorang terhadap makanan, obat, atau suplemen tentu berbeda-beda. Waspadai adanya reaksi alergi yang ditimbulkan oleh kolagen.

Adapun efek samping tersebut antara lain seperti gatal-gatal di kulit, kemerahan pada kulit, sesak napas mendadak, tekanan darah turun, mual, ataupun muncul bisul. Jika memang reaksi alergi yang demikian terjadi, segeralah periksa ke dokter agar tahu langkah apa yang bisa diambil agar didapatkan hasil terbaik.

Sembelit

Ada pula orang yang merasakan sembelit akibat dari efek samping kolagen. Yakni keadaan di mana seseorang kesulitan ketika buang air besar. Jika memang Anda merasakan hal yang sama, perbanyaklah minum air putih dan makanlah makanan yang berserat.

Pigmentasi Kulit

Dapat terjadi di daerah kulit yang telah disuntik oleh kolagen. Efek samping kolagen jenis ini bisa terjadi selama satu minggu lebih. Terlihat sangat mengganggu karena wajah Anda terlihat aneh.

Infeksi Kulit

Infeksi sebagai efek samping kolagen bisa terjadi ketika jarum suntik yang digunakan tidaklah steril, sehingga menyebabkan infeksi pada kulit wajah Anda.

Simak Juga  EJAKULASI DINI: Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya Sampai Tuntas

Kepekaan Rasa Berubah

Merupakan efek samping kolagen yang ditimbulkan jika Anda memilih yang bentuk tablet atau pil. Ketika meminumnya dalam jangka waktu lama, kepekaan lidah Anda dalam merasakan suatu rasa bisa berkurang, sehingga mengakibatkan mulut menjadi terus-menerus tidak enak.

Bau Mulut

Seseorang yang mengkonsumsi pil kolagen secara berkelanjutan, bisa menimbulkan pembentukan lapisan pada lidah, sehingga bau mulut pun akan Anda rasakan.

Ritme Abnormal Jantung

Anda harus mewaspadai efek samping kolagen yang berhubungan dengan jantung. Ketika ritme jantung Anda menjadi tak normal karena suplemen kolagen, maka konsultasikanlah berapa banyak takaran dari suplemen yang harus Anda konsumsi dengan dokter yang bersangkutan.

Meskipun ada efek samping yang ditimbulkan, namun kolagen selama ini sudah berperan dalam membantu kulit wajah menjadi lebih awet muda, meminimalisir kerutan, jauh lebih lembut, dan sebagai anti aging. Sangat cocok digunakan oleh para wanita maupun pria yang sangat memperhatikan penampilan, terutama wajah. Semoga bermanfaat! Salam sehat dan bahagia untuk Anda dan Keluarga!