Tips Sehat Alami: 4 Keutamaan Puasa untuk Kesehatan! Muslim Harus Baca!

Tips Sehat: 4 Keutamaan Puasa untuk Kesehatan

Manfaat puasa bisa dirasakan bagi penderita sakit lambung (maag) yang bersifat fungsional karena pengaturan pola makan dan faktor stessor

Puasa memberikan kontribusi positif bagi kesehatan sudah diketahui oleh banyak orang. Manfaat puasa bagi kesehatan telah dirasakan sebagian orang. Menurut Dr. Samuel Oetoro, MS.SpGk (konsultan kesehatan), “Jika kita berpuasa, bahan makanan praktis akan berhenti masuk ke dalam tubuh dan aliran darah selama sekitar 14 jam. Dengan demikian, sel sel tubuh ini diberi kesempatan untuk metabolisme serta membuang zat-zat yang tidak berguna dan berbahaya dari tubuh kita”.

Beberapa penelitian mencoba menghubungkan efek puasa terhadap beberapa penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi, kolesterol, penyakit kencing manis atau diabetes, dan kegemukan atau obesitas. Hasilnya memang puasa memberikan pengaruh yang positif terhadap kesehatan. Inilah 4 keutamaan puasa untuk kesehatan:

Memberikan Kesempatan Istirahat terhadap Saluran Pencernaan

Ketika manusia mengisi tubuhnya dengan makanan yang buruk ke dalam tubuhnya, tubuh perlu diistirahatkan. Disinilah pentingnya fungsi puasa, yaitu untuk mengsitirahatkan sementara sel-sel dari segala jenis makanan dan mengubah fungsinya  untuk metabolisme zat-zat di dalam tubuh.

Di waktu berpuasa, lambung dan sistem pencernaan lainnya akan istirahat selama lebih kurang 12 sampai 14 jam, selama lebih kurang satu bulan. Jangka waktu itu cukup mengurangi beban kerja lambung dari makanan yang bertumpuk dan berlebihan.  Sehingga manfaat puasa bisa dirasakan bagi penderita lambung (maag) yang bersifat fungsional karena pengaturan pola makan dan faktor stessor.

Akan tetapi, proses pengistirahatan ini akan sia-sia saat berbuka puasa dan sahur mengkonsumsi makanan yang tidak memenuhi kandungan gizi seimbang, atau makan seenaknya saja tanpa memperhatikan nilai gizinya. Itu sama saja memasukkan zat-zat yang tak berguna ke dalam tubuh setelah berpuasa seharian.

Simak Juga  Testimoni Royal Kiraz Candy Turki! Nyata Dan Fakta! Bukan Rekayasa

Mengatasi Kelebihan Berat Badan

Puasa juga dapat mengatasi kelebihan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari puasa, maka caranya yaitu tidak makan secara berlebihan pada saat berbuka, sehabis buka dan sewaktu sahur. Menu tersebut diperkirakan cukup dalam 12 jam. Adapun sisa 2 jam diperoleh dari cadangan gula yang disimpan di hati, lemak dan otot. Jadi lemak yang tertimbun di tubuh bisa digerakkan untuk dibakar menjadi energi yang bermanfaat.

Samuel memberikan saran agar orang yang berpuasa dapat mengatur porsi makannya di saat sahur dan berbuka puasa. “Gampangnya, pada saat sahur makanlah sebanyak 40 persen dari porsi total makan sehari-hari kita, lalu 50 persen saat berbuka, dan 10 persen lagi menjelang tidur. Fungsinya agar kita tetap memiliki cadangan makanan untuk esok harinya.”

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pada saat berpuasa beberapa organ tubuh dapat istirahat sehingga metabolisme tubuh juga berkurang. Metabolisme itu hasil sampingannya adalah sampah harus dibuang. Dengan berkurangnya sampah di tubuh, berarti mengurangi radikal bebas yang merugikan. Dan tentunya akan meningkatkan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Mencegah Penyakit yang disebabkan Pola Makan

Beberapa penyakit seperti kelebihan lemak tubuh, tekanan darah tinggi dan penyakit pembuluh darah lainnya. Dengan berpuasa berarti membatasi penderita untuk mengurangi beberapa makanan dan minuman yang merupakan pantangan penyakitnya. Dengan begitu akan lebih mudah mengendalikan penyakit tersebut. Terlebih apabila saat berpuasa biasanya cenderung memilih makanan yang mengandung zat gizi seimbang.

Jadi kesehatan memang mahal harganya. Untuk menjaga kesehatan tubuh, maka perlu diberi istirahat. Dengan berpuasa akan membantu menjaga kesehatan tubuh. Nix/dari berbagai sumber

Demikian Tips Sehat: 4 Keutamaan Puasa untuk Kesehatan, semoga bermanfaat. Salam sehat dan bahagia selalu untuk Anda dan keluarga

Simak Juga  Pengertian Kista dan 6 Penyebabnya! Wanita Wajib Baca!

diambil dari Muzakki