Ternyata Alpukat: Buah Terbaik Untuk Menyembuhkan Penyakit Jantung

Alpukat merupakan buah musiman yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut. Alpukat biasa diolah dalam bentuk jus maupun campuran es teler atau es campur. Para penyuka alpukat dapat memperoleh berbagai macam zat gizi seperti serat, vitamin K, vitamin E, natrium dan magnesium. Bahkan menurut penelitian Fulgoni tahun 2010 menyebutkan bahwa orang yang memakan alpukat akan dapat memenuhi kebutuhan zat gizi tersebut dibanding yang tidak mengkonsumsi alpukat.

Namun bagi Anda yang menderita penyakit jantung  seringkali untuk menahan diri karena banyak informasi yang mengatakan bahwa alpukat mengandung tinggi lemak yang merugikan kesehatan jantung, benarkah demikian?

Alpukat memang buah yang kaya lemak. Tapi jangan salah sangka dulu. Alpukat merupakan buah yang kaya lemak jenis monounsaturated fatty acids (MUFA), polyunsaturated fatt acids (PUFA), dan saturated fatty acids. Dari ketiga asam lemak tersebut MUFA merupakan jenis asam lemak terbanyak yang terkandung dalam alpukat yaitu sebesar 71%. Secara spesifik MUFA yang terdapat dalam alpukat yaitu asam lemak omega 3 dalam bentuk linoleat. Asam lemak jenis ini ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Penelitian mengenai manfaat alpukat dengan kesehatan jantung sudah dilakukan sejak tahun 1960. Berbagai penelitian di tahuan 90-an juga menguatkan adanya peranan alpukat dalam menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi alpukat terbukti dapat memperbaiki profil darah yaitu adanya peningkatan “lemak baik” HDL dan penurunan “lemak jahat” LDL dan trigliserida. Hal ini terjadi baik pada penderita hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi dalam darah) maupun yang tidak.

Pada penderita penyakit jantung biasanya terjadi peningkatan kadar homosistein. Vitamin B6 dan asam folat yang terkandung dalam buah alpukat ternyata mampu membantu meregulasi penurunan kadar homosistein  sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung.

Tekanan darah yang tinggi biasanya juga menyertai penyakit jantung ini. American Hearth  Association melaporkan bahwa kalium membantu dalam proses metabolisme penurunan tekanan darah. Kandungan kalium dalam setiap 200 gram alpukat adalah 345 mg. Alpukat juga diketahui memiliki kandungan natrium yang rendah yaitu 5,5 mg setiap 200 gram.

Makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah kita adalah yang mengandung kalium 350 mg dan natrium kurang dari 150 mg sehingga alpukat dapat membantu Anda menjaga tekanan darah tetap terkontrol.

Dibandingkan dengan buah yang lain, alpukat merupakan buah yang paling sedikit mengandung gula. Dalam setiap 200 gram alpukat mengandung 0,2 gram gula. Uniknya jenis gula yang terdapat dalam buah alpukat adalah gula yang mengandung 7 atom karbon yang diebut D-mannopheptulosa. Gula jenis ini terbukti dapat membantu mengontrol gula darah dan menjaga berat badan.

Kontrol gula darah dan berat badan yang baik dapat menurunkan resiko kejadian diabetes mellitus. Apabila seseorang dengan diabetes melllitus memiliki kadar gula tidak terkontrol dapat memacu kompikasi penyakit jantung.

Adanya magnesium dalam buah alpukat juga dapat menghambat absorbsi lemak dan menurunkan resiko terserang penyakit jantung koroner. Kandungan vitamin A, C dan E serta karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan juga dapat melindungi otot jantung dari serangan radikal bebas.

Namun perlu diwaspadai jangan sampai mengkonsumsi alpukat secara berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Selain itu, karena buah alpukat lambat diserap oleh tubuh mengakibatkan perut akan terasa selalu kenyang sehingga dapat mengurangi asupan makan dari sumber makanan yang lain yang berdampak pada kekurangan zat gizi tertentu.

Jadi tidak perlu khawatir lagi khan? untuk mengkonsumsi buah alpukat asal masih dalam rentang kebutuhan kita dan tidak berlebihan. Be Wise and Stay Healthy.

Sumber: Cleonara Yanuar Dini, S.Gz, M.Sc, RD. Dosen Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, via Majalah Alfalah

Salam www.JamuKu.com Toko Jamu Herbal Terpercaya