Tanya Dokter: Encok atau Low Back Pain, Ciri-Ciri Dan Cara Mengobatinya!

Pertanyaan

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Saya seorang pegawai swasta berumur 35 tahun. Dalam beberapa bulan terakhir ini, saya mempunyai masalah di bagian pinggang. Saya merasa sakit pada pinggang tengah saya yang tidak menjalar.

Rasa sakit pada pinggang bertambah jika berdiri terlalu lama atau saya mengangakat barang yang berat. Saya sudah berobat ke dokter  diberi obat penghilang rasa sakit, namun hanya berkurang sebentar kemudian terasa sakit lagi.

Yang ingin saya tanyakan:

  1. Apa mungkin saya mengidap penyakit encok?
  2. Seperti apa ciri-ciri penyakit encok?
  3. Lalu, bagaimana langkah tepat untuk mengobatinya?

Demikian, atas jawaban dan penjelasannya saya mengucapkan terima kasih.

Roni, Pasuruan

Jawaban Dokter

Wa’alaikumsalam Wr.Wb.

Bapak Roni di Pasuruan, terima kasih atas pertanyaannya. Informasi data dari Bapak adalah, Bapak berusia 35 tahun, bekerja sebagai pegawai swasta. Ada keluhan di bagian pinggang dalam beberapa bulan terakhir, tidak menjalar. Rasa sakit pada pinggang bertambah jika Bapak berdiri terlalu lama atau mengangakat barang yang berat, pernah ke dokter dan diberikan obat penghilang rasa sakit, namun sifatnya sementara.

Dari informasi yang Bapak sampaikan, sebenarnya masih banyak informasi yang dibutuhkan untuk mendiagnosa keluhan Bapak di bagian pinggang ini. Namun, dari sebagian informasi tersebut, bisa mengarah Musculosceletal Disorder yaitu Low Back Pain (LBP). Meskipun seharusnya banyak informasi yang diperlukan untuk mendiagnosa LBP ini.

Menjawab pertanyaan Bapak;

  1. Encok dalam bahasa medis adalah penyakit Rheumatoid Arthritis (RA). Sedangkan informasi yang sebagian Bapak sampaikan, lebih mengarah ke LBP.
  2.  Ciri-ciri RA adalah; nyeri persendian, rasa panas atau hangat pada persendian, kekakuan sendi terutama lebih buruk pada pagi hari atau setelah tidak melakukan aktifitas, lokasi yang sakit biasanya pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki, siku, pinggul, bahu. Kebanyakan kasus terjadi pada kedua sisi tubuh.
  3. Terapi untuk mengatasi LBP ada 3. a. obat-obatan, b. Latihan (exercise), c. Operasi

Obat-obatan dan operasi, diharapkan berkonsultasi terlebih dahulu. Bapak bisa melakukan terapi fisik dengan cara terapi panas, ultrasound, stimulasi listrik dan teknik otot-release untuk otot punggung dan jaringan lunak untuk mengurasi rasa sakit (konsultasi pada dokter spesialis fisik dan rehabilitasi).

Agar rasa sakit berkurang, minta bantuan terapis (dokter spesialis fisik dan rehabilitasi) untuk mengajarkan kepada Bapak, latihan yang dapat meningkatkan fleksibilitas, memperkuat punggung dan otot-otot perut, dan memperbaiki postur tubuh. Menggunakan teknik ini dapat membantu mencegah rasa sakit.

Demikian jawaban atas informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bisa membantu memberikan solusi dan mengurangi keluhan Bapak Roni. Terima kasih, semoga lekas sembuh.

Oleh dr. Irmayanti Soeratmi Dokter Klinik Rumah Sehat Mandiri via Yatim Mandiri