Pengertian Kista dan 6 Penyebabnya! Wanita Wajib Baca!

Wanita merupakan makhluk yang memiliki keunikan tersendiri. Selain memang Wanita adalah sosok yang unik, pada tubuhnya juga terdapat sistem yang unik pula. Terutama pada bagian rahim Wanita, dimana pada  rahimnya terdapat sistem yang kompleks yang juga rawan terkena penyakit seperti kanker serviks, miom, dan kista. Semua penyakit tersebut menyerang bagian rahim dan menyebabkan Wanita menderita (tanda kutip).

Pengertian kista adalah semacam benjolan berisi cairan ataupun jaringan tubuh seperti rambut, gigi, dan tulang rawan yang mengganggu sekali. Bahkan untuk kasus tertentu ukuran kista bisa sampai 5 kg. Kista juga tidak asal ada di dalam rahim, namun ada penyebabnya. Berikut adalah penyebab dari penyakit kista yang wajib anda ketahui.

Faktor Usia

Faktor usia sangat berpengaruh pada penyakit kista. Pengertian kista sebenarnya beda dengan miom. Namun keduanya sering disandingkan. Pada usia produktif, miom lebih banyak menyerang. Perempuan di atas usia 20 sampai 50 diserang karena memiliki hormone estrogen yang masih sangat banyak. Namun setelah usia memasuki menopause kemungkinan terkena kista justru sangat tipis.

Faktor Keturunan

Pengertian kista sendiri sering disalahartikan sebagai kanker. Hal tersebut adalah kista yang sudah parah dan menjadi kanker rahim. Penyebab dari kista salah satunya adalah genetis. Keturunan kista juga sangat memengaruhi pada keturunan generasi pertama. Kalau kemungkinan besar yang memiliki garis keturunan kista akan jauh lebih beresiko.

Faktor Obesitas

Banyak orang yang memiliki pengertian kista adalah sebuah penyakit yang ada di rahim karena makanan yang tidak sehat. Hal tersebut juga ada benarnya. Sebab obesitas juga diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi terlalu banyak dan berupa junk food. Junk food tentunya sangat tidak sehat dan memiliki bahaya yang jauh lebih besar dari makanan biasa.

Simak Juga  6 Efek Samping KB Spiral yang Jarang Diketahui Wanita?

Baca juga “4 Macam Kista yang Wajib Diketahui Wanita”

Anda yang sering menganggap pengertian kista adalah sebuah penyakit keturunan saja, itu salah. Obesitas merupakan faktor yang mendukung timbulnya penyakit yang ada di tubuh termasuk penyakit kista atau miom.

Hormone Estrogen yang Berlebihan

Pengertian kista banyak disalahartikan sebagai penyakit yang tiba-tiba muncul. Namun bagi yang jeli penyakit ini termasuk akibat banyaknya hormone estrogen di dalam jaringan miom.

Merokok

Bagi wanita yang merokok, memiliki risiko terkena kista lebih besar. Kalau bisa wanita perokok diberi pengertian kista agar mereka lebih menjauhi rokok. Rokok memang sangat berbahaya bagi kesehatan rahim.

Makanan

Makanan memang menjadi faktor yang bisa diminimalisir agar tidak terjadi penyakit kista. Bagi usia-usia remaja, di mana reproduksi sedang berkembang, akan lebih baik bila tidak mengonsumsi makanan junk food secara berlebihan.Pengertian kista harus diterima secara benar oleh para wanita, sehingga dapat mengetahui akan penyebab dan macam jenis kista itu sendiri. Kalau sudah tahu penyebabnya, setidaknya para wanita bisa mengendalikan apa yang seharusnya dikendalikan. Semoga bermanfaat!

Salam sehat dan bahagia untuk Anda dan Keluarga!