Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Yang Masih Tersembunyi

Pepaya merupakan tanaman yang sudah tidak asing bagi kita. Tanaman ini bisa tumbuh di manapun, bahkan tanpa perawatan khusus-pun tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang hingga berbuah. Selama ini, kebanyakan orang masih sebatas memanfaatkan buahnya saja, sebagai makanan pencuci mulut atau sebagai sayuran kuah. Meski tanaman ini sudah familiar dengan kita, namun faktanya banyak orang yang belum mengetahui apa khasiat pepaya, baik itu buah, daun, akar maupun biji pepaya.

Pepaya dalam hal ini buahnya  kaya akan vitamin, betakaroten, protein, lemak dan berbagai zat gizi  yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu pepaya secara umum juga sangat bermanfaat untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kandungan Kimia Pepaya

Tanaman pepaya memiliki kandungan kimia yang berbeda-beda pada buah, daun, akar dan bijinya. Pada buah pepaya mengandung asam butanorat, metal butanoat, benzinglukosinolat dan senyawa lainnya. Sedangkan pada daun pepaya mengandung alkaloid, dehidrokarpain, flavonol, papain dan tannin.

Metabolit sekunder alkaloid pada daun pepaya jumlahnya lebih banyak dibanding pada buahnya. Selain itu pada daun pepaya juga mengandung enzim papain. Enzim papain yang terdapat pada daun pepaya terbagi menjadi tiga; pertama enzim kasar (crude papain), kedua papain bersih (refined papain), ketiga papain murni (pure papain). Senyawa senyawa ini dikenal sebagai sebagai proteolitik atau enzim pemecah protein.

Selain itu, pada getah daun dan batang pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex) yang bermanfaat untuk pengobatan semua jenis kanker.

Pengobatan Kanker

Tentang khasiat buah dan daun pepaya untuk pengobatan kanker, telah dirilis oleh lembaga kanker Internasional tahun 1997 yang menyatakan bahwa, buah pepaya dengan kandungan vitamin C dan betakaroten mampu mencegah dan mematikan sel-sel kanker. Diantaranya pengobatan kanker usus (kolon), kanker payudara, kanker pankreas, kanker prostat dan lain-lain.

Penelitian lain juga merilis, bahwa daun pepaya sangat efektif untuk melawan dan menghentikan laju perkembangan tumor. Penelitian tersebut mengunakan uji klinis daun pepaya kering, hasilnya sangat mengejutkan yakni ekstrak daun pepaya mampu meningkatkan molekul sinyal yang disebut sitokin tipe Th1, molekul ini memiliki kemampuan  mengatur sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, maka esktrak daun pepaya dapat dijadikan sebagai terapi herbal untuk pengobatan tumor dan kanker serta bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang dari ganasnya sel-sel kanker.

Luarbiasanya, ekstrak daun pepaya tidak memiliki efek samping toksik terhadap sel normal. Artinya kemampuan ekstrak daun pepaya dalam melawan sel kanker sangat efektif dan handal tanpa mematikan sel normal.

Mengontrol Kolesterol, Tekanan Darah dan Jantung

Pepaya kaya akan kandungan gizi, vitamin A,C , E  dan kaya akan serat makanan. Kandungan inilah yang mampu menjadikan pepaya sebagai terapi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Serat makanan yang terdapat pada daun pepaya juga mampu meningkatkan ekskresi asam empedu dalam tinja, sehingga dapat mencegah ateroklerosis dan penyakit jantung.

Selain itu, kandungan serat makanan dalam pepaya mampu menyerap air dan mengikat glukosa, hal ini sangat bagus untuk menjaga ketersediaan glukosa dalam tubuh.

Ramuan Daun Pepaya

Untuk mendapatkan manfaat dari pepaya sebagai terapi berbagai macam penyakit, berikut beberapa ramuan yang bisa Anda jadikan referensi untuk pengobatan penyakit.

Ramuan Pengobatan Kanker

Bahan 3 lembar daun pepaya dan 2 liter air

Cara Meramu

Cuci hingga bersih daun pepaya, kemudian rebuslah dengan 2 liter air yang sudah disediakan. Selama merebus, jangan ditutup wadah untuk perebusan, biarkan tetap terbuka. Biarkan, hingga rebusan tinggal separoh. Setelah itu saringlah. Lalu biarkan hingga hangat-hangat kuku. Minumlah rebusan daun pepaya tersebut 3 kali sehari. Lakukan cara ini hingga ada tanda-tanda kesembuhan.

Ramuan untuk Kolesterol, Hipertensi dan Jantung

Bahan 5 lembar daun pepaya dan 1,5 liter air

Cara Meramu

Cuci hingga bersih daun pepaya, kemudian rebuslah dengan 1,5 liter air yang sudah disediakan. Selama merebus, jangan ditutup wadah untuk perebusan, biarkan tetap terbuka. Biarkan, hingga rebusan tinggal separoh. Setelah itu saringlah. Lalu biarkan hingga hangat-hangat kuku. Minumlah rebusan daun pepaya tersebut 3 kali sehari. Lakukan cara ini hingga ada tanda-tanda kesembuhan. Semoga Bermanfaat! Salam Sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!

@Disclaimer: Hasil berbeda setiap orang, tergantung kondisi tubuh dan riwayat penyakit.