Manfaat Daun Kopi Terbaru yang Belum Diketahui Banyak Orang!

Kopi ternyata tidak hanya bisa dinikmati bijinya saja, tapi seduhan daun kopi juga tak kalah nikmatnya dengan seduhan biji kopi itu sendiri. Air seduhan daun kopi mirip dengan seduhan daun teh, kandungan kafeinnya juga lebih rendah dibanding biji kopi sendiri. Sehingga seduhan daun kopi sangat cocok untuk Anda yang tidak suka kopi biasa.

Selain nikmat dan segar, daun kopi juga bermanfaat untuk membantu menyembuhan berbagai macam penyakit. Berdasarkan penelitian Royal Botanic Garden, Kew London dan Joint Research Unit for Crop Diversity, Adaptation anda Development in Montpellier di Perancis menyebutkan, teh yang terbuat dari daun kopi dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes.

Teh daun kopi juga mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu menjaga tubuh dari radikal bebas. Menurut Dr. Aaron Davies dan Dr. Caludine Campa, Spesialis gizi menjelaskan teh daun kopi dengan kandungan antioksidan tinggi dapat melawan kanker ganas. Sebuah penelitian lain, menyebutkan teh daun kopi dapat membantu mengatasi hipertensi dan melancarkan saluran pernafasan bagi penderita asma atau sesak nafas.

Resep Daun Kopi Untuk Pengobatan

Agar manfaat daun kopi bisa diperoleh maka perlu tata cara yang benar dalam meramu daun kopi. Berikut resep daun kopi untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit.

Mengatasi Hipertensi

Pengolahan daun kopi untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara menyiapkan 20 daun biji kopi muda, kemudian cuci hingga bersih. Setelah bersih, lalu rebuslah daun kopi tersebut hingga mendidih. Aduk rebusan daun kopi tersebut hingga air rebusan berwarna merah. Air rebusan daun kopi siap diminum, seperti minum kopi biasa.

Mengatasi Asma

Untuk pengobatan asma atau saluran pernafasan, maka siapkan daun kopi yang sudah diseduh dengan air panas kemudian tambahkan gula batu dan sepotong jahe. Minumlah seduhan daun kopi selagi hangat.

Simak Juga  4 Cara Jitu Menyembuhkan Impoten Tanpa Obat!

Menjaga Stamina

Seduhan dau kopi juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh yang lelah setelah bekerja seharian. Cara mengolahnya yaitu dengan mencampur seduhan daun kopi dengan 1 butir kuning telor dan 1 sendok madu murni.

Mengobati Kudis dan Kurap

Selain itu, daun kopi juga dapat Anda jadikan sebagai obat luar, yakni untuk mengatasi penyakit kulit, seperti kurap dan kudis. Caranya, siapkan daun kopi dan hancurkan bersama dengan semut hitam, setelah tercampur lembut, oleskan pada penyakit kulit yang Anda derita.

Resep Seduhan Daun Kopi

Untuk mendapatkan teh daun kopi yang enak dan nikmat, berikut tips menyajikan teh daun kopi;
Resep pertama, menyiapkan beberapa helai daun kopi segar dan cukup umur. Kemudian daun kopi tersebut dijemur 2-3 hari, setelah itu silahkan di sangrai. Jika sudah selesai prosesnya, maka bubuk daun kopi siap diseduh dan dihidangkan.

Resep kedua, siapkan daun kopi yang tidak terlalu tua dan muda. Tusuk daun kopi menggunakan sebalih bambu, kemudian bakar hingga kandungan air menghilang. Saat membakar, agar tidak gosong – menjelang  mendekati kering, daun kopi diremas-remas atau dipotong-potong. Dan setelah itu bubuk daun kopi siap diseduh dan dihidangkan.

Resep ketiga, menyiapkan daun kopi dengan kualitas terbaik. Siapkan daun kopi, kemudian letakkan daun kopi di wadah dan gantung diatas perapian hingga kering sempurna. Setelah itu, daun kopi masukkan ke dalam panci dan tambahkan air secukupnya, rebus hingga 20 menit sampai air rebusan berwarna merah/kecoklatan.
Semoga bermanfaat. Salam sehat dan bahagia untuk Anda dan keluarga