Manfaat dan Bahaya Meditasi untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahuai!

Di era materialistik dan hedonis saat ini, dimana materi telah mencapai puncak kepemilikan dan kesenangan materiil telah terpenuhi, lalu mau apalagi?. Muncul pemikiran dari  esensi jiwa manusia yang hakiki. Materi ternyata bukan segalanya, meski segalanya butuh materi. Berbicara tentang esensi jiwa, ia berasal dari dimensi keabadian, tidak terbatasi oleh ruang dan waktu, dan bukan dari dimensi material. Sehingga kebahagiaannya bukan dari dunia materi yang jelas-jelas bersifat fana. Kebahagiaann  hakikinya adalah saat mana ia berdekatan bahkan bertemu dengan Penciptanya (sangkan paraning dumadi: filosofi jawa), dan sebagian besar literatur keyakinan di dunia memiliki pemahaman yang hampir sama.

Disisi yang berbeda kesulitan dalam mencapai materi membuat beban psikis, kegelisahan dan menjadi beban mental berkepanjangan. Ditambah lagi problematika zaman sekarang ini, banyak orang yang menginginkan solusi hidup, ketenangan dan kedamaian.

Di luar sana, banyak solusi yang ditawarkan untuk masalah keduanya, mulai dari zikir, meditasi, senam relaksasi, kontemplasi, sanggar-sanggar kedamaian, yoga dan lain lain. Namun dalam hal ini kita akan sharing tentang meditasi.

Meditasi dalam pengertian awam dimaknai dengan konsentrasi, konsentrasi untuk mencapai tujuan. Atau dimaknai dengan suatu upaya secara fokus terhadap obyek tertentu. Meditasi memiliki dua kata kunci yaitu konsentrasi dan relaksasi, ditambah dengan nafas. Jadi istilah konsentrasi dalam kaitannya dengan meditasi bukan ketegangan namun rileks serta seirama dengan keluar masuknya nafas.

Sejarah meditasi setua keberadaan manusia. Aplikasi bentuk meditasi dalam setiap tradisi, budaya dan keyakinan berbeda. Di Jawa banyak sekali istilah untuk meditasi, namun yang kita kenal lama adalah Semedi, di India dengan Yoga, di China ada Tai Chi dan masih banyak lagi nama dan bentuk meditasi di penjuru bumi.

Prinsip dasar meditasi adalah konsentrasi dan relaksasi. Dalam kegiatan kehidupan sehari-hari, konsentrasi  membuat kita detail dan peka terhadap hal-hal kecil. Sedangkan relaksasi akan menghubungkan kita dengan alam bawah sadar kita.

Tujuan meditasi secara umum adalah untuk mencapai ketenangan dan kedamaian jiwa. Inilah esensi tujuan jiwa manusia, ketenangan dan kedamaian. Sedangkan efek secara fisiknya, tubuh mendapatkan kesehatan yang prima. Jadi meditasi hakikinya untuk kebutuhan jiwa dan raga.

Secara umum mereka yang pingin belajar meditasi otodidak alias tanpa guru langsung atau tidak mau nyantrik (istilah Jawa). Bisa melakukan teknik latihan dasar meditasi seperti dibawah ini.

Pertama, meditasi berbaring. Berbaringlah di ruangan yang tenang, pejamkan kedua mata anda, luruskan kedua kaki, agak sedikit terbuka. Letakkan tangan anda disamping tubuh anda buka kedua telapak tangan. Rileks-kan seluruh tubuh anda. Lalu berdoa dulu sesuai keyakinan anda. Rileks rileks rileks…lalu fokuskan pikiran anda pada keluar masuknya nafas anda. Terus rileks…lakukan sekitar 10 menit.

Kedua, meditasi duduk. Duduklah bersila, letakkan kedua tangan anda diatas paha, lalu pejamkan kedua mata anda. Berdoa dulu, lalu rilekskan dulu seluruh tubuh anda, cek sekali lagi kondisi rileks anda. Setelah itu ikuti keluar masuknya nafas anda. Rileks rileks rileks lakukan sekitar 10 menit.

Ketiga, meditasi olah nafas. Meditasi ini menggunakan teknik pengolahan nafas. Untuk melakukan model meditasi ini dibutuhkan pengawasan langsung seorang pembimbing.

Meditasi meditasi diatas merupakan meditasi yang bertujuan untuk kesehatan tubuh dan ketenangan batin. Sehingga model meditasi diatas sangat dianjurkan untuk menjaga stamina keseharian kita.

Meditasi Khusus

Ada jenis meditasi lainnya atau meditasi khusus. Jenis meditasi khusus meliputi meditasi yang terkait dengan keyakinan. Jenis meditasi ini dianut oleh pemeluk keyakinan-keyakinan tertentu.

Tetapi ada juga meditasi lainnya yang tujuannya tergantung dari pelaku meditasi tersebut. Jenis meditasi ini tujuannya pun beragam. Ada meditasi yang bertujuan untuk tujuan mengolah spiritual, meditasi untuk menembus dimensi lain, meditasi untuk mendapatkan kesaktian, meditasi untuk menarik barang-barang gaib dan masih banyak lagi jenis meditasi lainnya.

Model meditasi ini tentu tidak dianjurkan untuk Anda lakukan. Sebab meditasi ini sangat berbahaya jika tanpa pengajaran atau bimbingan seorang guru yang ahli.  Banyak cerita yang kita dengar, mereka yang melakukan meditasi jenis ini dan tanpa bimbingan seorang ahli, pikirannya menjadi owah (gila).

Dimensi lain atau alam gaib yang menjadi tujuan para meditator diatas laksana belantara raya yang tak berujung pangkal. Jika kita melakukan meditasi tanpa bimbingan bagaikan memasuki hutan belantara yang di sana banyak terdapat hewan buas dan binatang melata yang berbahaya. Demikian gambaran dimensi lain bagi orang awam seperti kita. So carilah guru atau pembimbing untuk mengarahkan Anda dalam melakoni jenis meditasi ini. Semoga bermanfaat.

Salam bahagia untuk Anda dan Keluarga

@admin Jamuku.com (Toko Jamu Herbal Terpercaya)