Konsultasi Seksualitas Wanita: Apakah Ciri Ciri Wanita Yang Masih Perawan

Pertanyaan

Langsung saja, saya kehilangan kesucian saya ketika masih di kelas II SMA, oleh pacar saya pertama. Waktu itu hubungan saya nyaris “tuntas”, tetapi karena saya meronta akhirnya lepas dan kami perang mulut jadinya. Saya menyesal sekali dok atas kejadian itu. Sekarang saya punya pacar serius dan selesai wisuda akan menikah. Yang ingin saya tanyakan apakah saya masih perawan, karena setelah kejadian itu tak ada darah dalam celana dalam saya. Apakah ciri-cirinya wanita yang masih perawan? Dimanakah di Jakarta alamat untuk operasi selaput dara? Perlukah saya bercerita tentang kejadian itu pada calon suami saya?

Pertanyaan

Waktu saya kecil (umur 9 tahun), saya pernah diperkosa oleh paman saya. Sampai saat ini saya tidak pernah bercerita pada siapa-siapa. Apalagi yang membiayai saya dan membesarkan saya adalah tante saya. Hanya saja sekarang saya dingin terhadap laki-laki, saya anggap mereka hanya ingin seks. Umur saya sekarang 27 tahun sudah banyak pria melamar saya, tapi kejadian dulu membuat saya ngeri. Bagaimana kalau ia menceraikan saya setelah saya tidak perawan? Apakah seandainya saya menikah malam pertama bisa mengeluarkan darah? saya ingin dokter segera menjawabnya, karena saya akan dilamar oleh seorang saudara jauh saya.

Jawaban

Keperawanan di negara kita memang masih sangat dihormati dan dihargai. Oleh karena itu setiap wanita sebelum menikah jangan melakukan hubungan terlalu jauh. Hampir setiap pria di Indonesia menginginkan istrinya perawan saat menikah. Mungkin kaum pria itu egois, tetapi itulah kenyataan di Indonesia. Keperawanan memang hanya dibatasi selaput tipis yang disebut himen yang letaknya di mulut liang kemaluan.

Sebenarnya, selain dokter, khususnya dokter kandungan sulit menentukan seseorang itu masih perawan atau tidak. Dokter kandungan pun harus memeriksa selaput dara seorang wanita melalui anus, tidak bisa melihat saja, apalagi orang awam. Adanya pendarahan pada malam pertama menikah memang merupakan salah satu tanda robeknya selaput dara, tetapi tidak selalu. Banyak wanita yang masih perawan tidak berdarah saat melakukan hubungan intim yang pertama.

Bagi some one di Semarang, saya tidak bisa memastikan apakah Anda masih perawan tanpa memeriksa Anda dengan cermat. Jadi ciri-ciri wanita yang masih perawan ialah wanita yang selaput daranya belum robek, itu saja. Bisa saja selaput dara robek karena jatuh, karena olahraga, onani, dan lain-lain tapi itu kecil frekuensinya. Yang paling sering robeknya selaput dara adalah hubungan intim.

Lalu apa perlunya Anda ke Jakarta hanya untuk operasi selaput dara. Memang dalam kasus tertentu dokter kandungan dapat melakukan operasi selaput dara, misalnya karena diperkosa (Kasus R di Jawa Timur). Tetapi untuk some one Anda melakukannya dengan pacar Anda. Apakah Anda perlu bercerita tentang kasus pacar Anda pada calon suami? Saya kira tidak perlu, toh dia tidak akan pernah tahu Anda perawan apa tidak, kecuali jika mantan pacar Anda cerita kajadian tersebut kepadanya.

Oke. Ingatlah. Kalau benar-benar calon suami Anda mencintai Anda, cintanya tidak hanya sebatas selaput dara saja.

Lalu buat R di Jawa Timur, menikahlah dengan baik. Lupakanlah kejadian yang mengerikan itu. Percayalah tidak semua lelaki ingin seks melulu, masih banyak lelaki yang baik di dunia ini. Juga buat R, dapat saja terjadi pendarahan pada malam pertama kelak, kalau luka pada selaput dara saat perkosaan menutup, karena saat itu Anda masih kecil (dalam masa pertumbuhan).

Sumber : Sudah Tidak Perawan, Harian Suara Karya Minggu