Konsultasi Seksual: Bahaya Onanisme Bagi Laki Laki

Pertanyaan

Saya seorang remaja SMP 14 Tahun memberanikan diri berkonsultasi pada dokter. Terus terang dok, saya ini sebenarnya pemalu, tapi nafsu seks saya besar, hampir tiap hari saya melakukan onani. Akhir-akhir ini saya sering merasa lemas, di sekolah saya nggak bisa konsentrasi belajar, kata teman-teman saya, dengkul saya keropos dan pantat saya makin tepos. Saya jadi takut, apakah nanti saya bisa memuaskan istri saya kalau menikah? Apakah mani saya tidak semakin encer? Betulkan onani menyebabkan tulang sumsum menjadi kering? Sebenarnya saya takut melakukan onani dok, takut berdosa, tapi saya nggak bisa menahannya. Waktu melakukan memang terasa nikmat tapi sesudahnya merasa menyesal. Akhir-akhir ini saya jadi sulit tidur dan angka ulangan saya di sekolah menurun. Tolonglah dok, saya bingung, bagaimana jalan keluarnya?

Jawaban

Adik H yang sedang bingung.

Saya salut terhadap keberanian adik menulis surat pada saya, karena onani memang merupakan salah satu problema di kalangan remaja. Melihat usia adik yang 14 tahun, adik mulai menginjak masa pubertas, peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Pada masa ini hormon laki-laki dalam tubuh adik mulai berfungsi, termasuk sel-sel benih dalam kelamin adik. Nafsu seks yang dirasakan besar sebenarnya karena aktifnya hormon-hormon seks dalam tubuh adik. Hal itu dimulai dengan perubahan suara, timbulnya otot-otot dan timbulnya tanda kelamin sekunder, seperti kumis, rambut kemaluan dan lain-lain.

Tak perlu cemas, nafsu seks itu sebenarnya hal yang alamiah dan dapat dialihkan. Cobalah adik menghindari bacaan-bacaan yang berbau seks dan tontonan yang menjurus ke arah itu, karena hal tersebut dapat mendorong adik untuk ber-onani. Kegiatan olahraga, dan kegiatan remaja yang lain dapat bermanfaat agar adik terlepas dari pikiran mengenai seks, sehingga menurunkan keinginan untuk melakukan onani. Keroposnya dengkul, pantat tepos dan sumsum tulang kering tidak ada hubungannya dengan onani dan bukan disebabkan onani, karena itu hanya perasaan adik dan isu yang berkembang di kalangan remaja saja. Rasa berdosa adiklah yang menyebabkan adik sulit tidur.

Suatu penelitian mengungkapkan bahwa 90% laki-laki normal pernah melakukan onani. Jadi kegiatan adik normal normal saja. Yang penting cari kegiatan yang lebih positif, makan makanan yang bergizi terutama yang kaya protein, seperti ikan, daging agar adik tidak lemas dan dekatkan diri pada Tuhan. Saya yakin ini dapat membantu. Oke. Salam

Sumber: Dengkul Saya Keropos, Konsultasi Dokter Boyke via Suara Karya Minggu