Khasiat Teh Bunga Rosella yang Sering Diabaikan!

Tumbuhan Rosella ternyata menyimpan khasiat yang tidak banyak diketahui orang. Tidak seperti tanaman bunga lainnya, Rosella tidak hanya untuk penghias kebun dan penyejuk mata belaka, namun Rosella (bunganya) memiliki khasiat yang luarbiasa untuk kesehatan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa teh merah bunga Rosella ternyata memiliki beribu khasiat yang tidak ditemukan pada jenis teh-teh bunga lainnya. Hal inilah yang membuat teh bunga Rosella, saat ini menjadi primadona sebagai pengobatan alternatif dari berbagai macam penyakit.

Kandungan Bunga Rosella

Pada kelopak bunga Rosella (Hibiscus Sabdariffa L), dapat dijadikan sebagai bahan minuman segar dalam bentuk jus, teh, selai dan minuman lainnya. Kelopak bunga Rosella mengandung vitamin c, vitamin A, dan asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Bunga Rosella juga mengandung arginin dan legnin yang berkhasiat untuk peremajaan sel tubuh. Selain itu, bunga Rosella juga kaya akan kandungan protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh dan tulang.

Unsur penting lainnya, adalah gossy peptin, anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, melancarkan peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan kinerja usus dan berfungsi sebagai tonik.

Penelitian tentang Bunga Rosella

Dilansir dari www.hort, khasaiat bunga Rosella telah diakui di berbagai belahan dunia seperti di Afrika, India dan Meksiko. Uji farmakologi bunga Rosella di Senegal, telah merekomendasikan bubuk atau teh Rosella (Calyx Rosella) bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Mekanisme senyawa pada bunga Rosella yaitu mengurangi derajat fiskositas (kekentalan) darah, dengan demikian maka akan mengurangi kerja organ jantung, hasilnya jantung memompa darah semakin ringan dan lancar. Senyawa penting pada bunga Rosella yang dimaksud yaitu asam organik polisakarida dan flafonoid.

Pada penelitian berikutnya, Ilmuwan Senegal mengumumkan bahwa ekstrak Rosella berfungsi sebagai anti pasmodeo. Anthalmetic dan antibakteri sementara yang diujikan pada unggas menunjukkan hasil bahwa ekstrak bunga Rosella mampu menurunkan tingkat absorbsi alkohol dan obat obatan dalam tubuh. Dan uji ini memberikan harapan besar bagi para pecandu alkohol dan mereka yang mengalami ketergantungan pada jenis obat-obatan tertentu. Oleh karena itu Lembaga Pengawasan Obat dan Makanan di Amerika (Food n Drug Nutrition) telah memberikan rekomendasi untuk ekstrak Rosella sebagai penyembuhan akan ketergantungan terhadap alkohol dan sejenisnya.

Khasiat Bunga Rosella

Secara umum khasiat bunga Rosella adalah  untuk detoksifikasi atau menetralkan racun dalam tubuh dan menjaga kesehatan secara menyeluruh. Kronologisnya adalah toksin atau racun yang ada dalam tubuh manusia yang disebabkan oleh berbagai macam makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari, telah menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti tubuh pegal-pegal, sering menguap, bau mulut tak sedap, sesak nafas, migrain mempercepat osteoporosis hingga kanker darah. Berikut khasiat bunga Rosella untuk kesehatan tubuh;

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi
  2. Menurunkan kadar gula darah
  3. Menurunkan kolesterol
  4. Menyeimbangkan berat badan
  5. Mengobati sembelit
  6. Melancarkan Buang Air Besar (BAB)
  7. Menghambat tumbuhnya kanker
  8. Mengobati maag akut
  9. Menjaga stamina tubuh
  10. Menyembuhkan batuk kronis
  11. Menyehatkan mata
  12. Mengobati migrain
  13. Terapi ketergantungan obat jenis alkohol dan kimia
  14. Dan lain-lain

Resep Bunga Rosella

Inilah cara terbaik meramu bunga Rosella untuk detoksifikasi dan menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh.

Seduh 5-7 kelopak bunga Rosella dengan air panas dan biarkan 5-7 menit. Setelah itu teh bunga Rosella siap dihidangkan dan dikonsumsi. Anda juga bisa menambah sari bunga Rosella ini dengan sedikit gula, namun hal ini tidak dianjurkan untuk penderita Diabetes Mellitus. Saran juga, buat penderita maag akut, agar tetap menyeimbangkan antara kadar air dengan jumlah bunga Rosella. Sebaiknya bagi penderita maag menambahkan jumlah air dalam seduhan bunga Rosella. Demikian, semoga bermanfaat.

Salam Sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga