Khasiat Buncis Yang Jarang Diketahui Banyak Orang!

Tumbuhan ini pada awalnya berasal dari Benua Amerika dan dikembangkan secara luas dibelahan dunia. Tanaman yang tumbuh tegak dan membelit memanjang hingga dua meter ini memiliki warna bunga putih dan lama kelamaan berubah menjadi ungu. Buncis juga memiliki banyak varian, namun yang dikenal di Indonesia berwarna hijau.

Buncis merupakan jenis sayuran seperti kacang panjang, namun memiliki rasa lebih manis dan mempunyai kandungan air lebih banyak. Buncis juga memiliki khasiat  seperti sayuran polong-polongan lainnya, seperti kacang merah dan kedelai.

Buncis mengandung nutrisi dan gizi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh, kaya akan vitamin , serat, asam folat  dan mineral.  Berikut ini kandungan dan khasiat Buncis untuk kesehatan tubuh dan membantu mengatasi berbagai macam penyakit.

Kandungan dan Khasiat Buncit

Vitamin A. Buncis mengandung 1.087 unit vitamin A per 100 gram. Kandungan vitamin A pada buncis berkhasiat sebagai antioksidan untuk meningkatkan penglihatan yang baik dan juga menjaga jaringan ikat agar lebih kuat.

Vitamin B. Kandungan vitamin B pada Buncis membantu memecah protein, karbohidrat dan lemak menjadi energi, selain itu juga membantu fungsi syaraf dan meningkatkan produksi sel darah merah.

Vitamin C.  Inilah vitamin yang dominan pada Buncis. Kandungan vitamin c didalamnya berkhasiat untuk penyembuhan luka, meningkatkan kekebalan tubuh, serta membantu dalam memproduksi kolagen.

Vitamin K.  Buncis juga mengandung Vitamin K. Vitamin K merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan disimpan oleh sel lemak tubuh. Khasiat manfaat Vitamin K adalah untuk mempromosikan pembekuan darah. Vitamin K juga berperan dalam membangun massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteotrofik dalam tulang.

Mineral. Dalam 100 gram Buncis mengandung 26 persen  mineral yang direkomendasikan untuk asupan zat besi bagi tubuh. Zat besi bagi tubuh berkhasiat untuk transportasi oksigen, penyerapan kalsium, produksi hormon, dan fungsi syaraf.

Simak Juga  Jamu Pembesar Alat Vital Rahasia Leluhur, Anda Ramu Sendiri!

Serat. Kandungan serat pada Buncis berkhasiat untuk membantu mengontrol kolesterol dan kadar glukosa darah. Serat juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan, menjaga berat badan. Selain itu dengan asupan serat yang memadai untuk tubuh dapat mencegah terjadinya sembelit.

Asam Folat. Buncis mengandung asam folat yang sangat baik. Berbagai penelitian mengatakan bahwa makanan yang kaya akan asam folat pada ibu hamil dapat mencegah cacat tabung syaraf pada bayi saat lahir. Asam folat juga berkhasiat untuk melancarkan ASI (Air Susu Ibu) untuk ibu hamil.

Pitosterol. Kandungan  β-Pitosterol pada buncis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Stigmasterol dan Sitisterol pada Buncis berkhasiat untuk meningkatkan produksi insulin dari pankreas.  Semakin banyak produksi insulin pada tubuh sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat untuk Anda dan Keluarga!