Keputihan Berwarna Putih Susu: Ciri, Penyebab dan Cara Ampuh Mengobatinya

Keputihan yang sering terjadi pada wanita adalah sebuah gejala yang wajar dan normal, tetapi pada beberapa kasus memang ada gejala yang abnormal. Salah satu gejala yang tidak normal adalah keputihan seperti putih susu, kental dan lengket. Keputihan seperti putih susu yang menggumpal adalah sebuah gejala yang tidak normal dan harus segera di obati. Berikut hal hal yang perlu diperhatikan tentang jenis keputihan ini.

Ciri Ciri Keputihan Seperti Putih Susu

Cairan yang keluar dari vagina yang normal biasanya berwarna putih jernih dan tidak berbau. Dikarenakan oleh satu dan lain hal terkadang cairan ini berubah menggumpal seperti putih susu, dan mengarah kepada gejala keputihan. Gejala ini biasanya juga diikuti oleh bau yang tidak sedap, gatal dan keluhan-keluhan lainnya.

Penyebab Keputihan Berwarna Putih Susu

Cairan yang keluar seperti putih susu dan kuning dari organ kewanitaan, disebabkan oleh infeksi oleh jamur atau bakteri jahat. Jamur dan bakteri ini akan membuat cairan dalam vagina menjadi berbau asam dan menggumpal seperti susu menggumpal, dan seterusnya akan mengarah kepada keputihan. Perkembangan bakteri dan jamur ini disebabkan oleh banyak hal seperti masalah kebersihan, stress, unsur makanan bahkan sampai serangan virus.

Cara Mencegah dan Mengobati Keputihan Berwarna Putih Susu

Untuk mencegah dan mengobati terjadinya keputihan seperti putih susu, dapat dilakukan beberapa hal berikut.

Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan

Menjaga kebersihan organ kewanitaan bisa dimulai dari kebersihan pakaian yang digunakan, gunakanlah celana dalam yang tidak terlalu ketat dan bisa menyerap keringat dengan baik. Selalu gunakan celana dan pakaian yang telah dicuci bersih. Pakaian juga harus dalam keadaan kering, juga hindari kelembaban yang ekstrim. Celana dalam yang kotor, lembab dan berjamur akan memicu perkembangan bakteri dan jamur di organ kewanitaan menjadi lebih cepat, dengan menggunakan pakaian yang selalu bersih akan mengantisipasi hal tersebut.

Simak Juga  5 Efek Samping Kunyit yang Tidak Disadari Banyak Orang

Selalu bersihkan vagina dengan air bersih, dan handuk kering secara rutin dan teratur.

Gunakan Panty Liner

Penggunaan panty liner sering menjadi pilihan wanita ketika terjadi keputihan, tetapi pilihlah panty liner yang tidak mengandung pengharum, karena zat kimia dalam pengharum justru akan membuat keputihan menjadi makin meningkat. Jangan memakai panty liner terlalu lama, selalu ganti setiap 4 jam sekali, untuk menjaga kehigienisannya tetap baik.

Hindari Penggunaan Sabun Pembersih Kewanitaan

Wanita sering menggunakan sabun pembersih kewanitaan, karena dirasa praktis dan cepat membuat vagina menjadi bersih. Sebaiknya hindari penggunaan sabun pembersih kewanitaan yang terlalu sering, karena dapat mengganggu keseimbangan PH dalam vagina. Apabila PH meningkat/menurun maka akan memicu perkembangan bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan keputihan.

Menjaga Kesehatan Fisik dan Batin

Apabila tubuh anda sehat dan fit, maka tubuh kitapun cenderung kuat terhadap serangan penyakit, termasuk keputihan. Berolah raga dengan rutin jelas mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh kita, dan jangan lupa hindari tekanan batin dan stress, juga selalu berpikir positif.

Baca juga “12 Cara Alami Mengatasi Keputihan Yang Gatal”

Apabila anda sudah terlanjur terkena penyakit keputihan yang berwarna putih seperti susu, maka segeralah mengusahakan pengobatannya. Untuk mengobati jenis keputihan ini bisa digunakan dengan cara-cara yang alami maupun dengan pengobatan dengan obat. Segera konsultasikan ke dokter Apabila penyakit keputihan anda tidak segera kunjung sembuh.

Keputihan yang berwarna putih seperti susu apabila tidak segera diatasi maka akan berpotensi menjadi penyakit yang lebih parah untuk kedepannya seperti potensi terkena penyakit Kista, Myom atau bahkan kanker Serviks. Segera kenali gejalanya dan lakukan pencegahan sedini mungkin.