Inilah Efek Samping Jambu Biji Paling Fatal!Wajib Anda Ketahui

Siapa sangka! ternyata jambu biji tak hanya memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh tetapi juga memiliki banyak efek samping yang belum banyak diketahui orang. Kebanyakan orang lebih terfokus pada manfaat jambu biji daripada efek samping jambu biji itu sendiri. Sehingga tanpa disadari ada beberapa dampak yang kurang bagus yang bisa mengancam kesehatan Anda.

Untuk mengkonsumsi jambu biji biasanya dibuat jus atau bisa dikonsumsi secara langsung. Rasanya yang segar membuat banyak orang menyukai jambu biji, baik sebagai buah dan minuman yang segar namun juga sebagai minuman dan buah yang menyehatkan. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jambu biji sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu para penderita demam berdarah dengue disarankan juga untuk mengkonsumsi jus jambu biji sebagai upaya meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

Tak hanya dibuat jus saja, kini jambu biji juga dikreasikan dalam bentuk cemilan siap makan, seperti dodol jambu biji, puding, es krim, hingga selai jambu biji. Selain itu untuk memperoleh jambu biji juga sangatlah mudah yaitu di toko buah, pasar tradisional hingga supermarket. Apalagi jika Anda tinggal di kampung, so jambu biji sangat mudah didapatkan. Harganya yang cukup terjangkau menjadikan buah yang satu ini bisa dikonsumsi oleh semua kalangan.

Efek Samping dari Jambu Biji

Manfaat jambu biji memang sangatlah banyak bagi tubuh. Bagi Anda pecinta jambu biji sebaiknya perlu waspada ketika mengkonsumsi jambu biji terutama yang dikonsumsi secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Berikut ini akan dijelaskan efek samping jambu biji yang perlu Anda ketahui.

1. Diare Bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil sebaiknya batasi jumlah konsumsi jambu biji maksimal 300 gram perhari. Apabila seorang ibu hamil mengkonsumsi lebih dari 300 gram jambu biji perhari bisa menyebabkan timbulnya diare karena kandungan serat yang tinggi pada jambu biji. Efek samping jambu biji yang bisa menyebabkan diare tentu sangatlah tidak baik bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan kontraksi,  iritasi, kegelisahan serta kondisi fisik yang menurun.

2. Sakit Gigi

Bagi Anda yang memiliki gigi sensitif, perlu mewaspadai dampak negatif untuk gigi Anda. Tapi, jika gigi Anda tidak sensitif, sebaiknya juga batasi konsumsi jambu biji agar tidak berlebihan. Efek samping jambu biji yang dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan sakit gigi, apalagi jika gigi Anda berlubang. Maka besar kemungkinan biji jambu akan masuk di sela-sela gigi.

3. Radang Usus Buntu
Penyakit radang usus buntu disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran usus buntu yang disebabkan oleh bakteri. Jika Anda mengkonsumsi jambu biji dalam jumlah yang banyak, biji jambu yang masuk ke lambung akan sulit dicerna sehingga kerja lambung akan semakin berat. Akibatnya jambu biji tersebut sulit tercerna, dan hal ini dapat menjadi pemicu terjadinya radang usus buntu.

4. Gangguan Lambung
Sifat jambu biji yang sulit dicerna oleh lambung bisa berdampak pada munculnya iritasi pada dinding lambung yang tentunya akan sangat berbahaya untuk kesehatan lambung Anda. Apatah lagi, jika Anda mempunyai gejala penyakit lambung. So, jambu biji tidak recomended untuk Anda.

5. Peningkatan Kadar Gula
Hindari kebiasaan mengkonsumsi jambu biji setelah mengkonsumsi gula dan sejenisnya (yang mengandung gula) dan hindari pula mengkonsumsi jambu biji secara bersamaan dengan gula (misal, menambah  jus jambu biji dengan gula yang berlebihan). Karena hal tersebut bisa menjadi pemicu timbulnya kenaikan kadar gula dalam darah. Kenaikan gula darah merupakan efek samping jambu biji yang cukup berbahaya pada peningkatan resiko diabetes.

Bagi Anda pecinta buah jambu biji sebaiknya lebih waspada ketika Anda memutuskan untuk mengkonsumsinya. Karena jika Anda mengkonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan timbulnya berbagai efek samping jambu biji seperti yang telah dijelaskan diatas. Oleh karena itu pastikan Anda mengkonsumsi jambu biji secara tidak berlebihan dan mengkonsumsinya secara benar agar terhindar dari efek samping jambu biji. Semoga bermanfaat, salam sehat dan bahagia untuk anda dan keluarga.

Salam www. JamuKu.com Toko Jamu Herbal Terpercaya