Gairah Seksual Menurun, Inilah Makanan Paling Ampuh Mengatasinya

Tips Meningkatkan Gairah Bercinta dengan Lalapan

Menyantap sayur mentah ternyata tidak hanya menambah kenikmatan kita dalam makan, namun dengan lalapan sayur mentah membuat badan kita sehat, segar, fresh dan awet muda. Bahkan dengan menyantap sayur mentah, kita dapat meningkatkan gairah bercinta. Makan sayur mentah sebenarnya sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, dan biasanya dikombinasikan dengan beberapa menu makanan seperti ayam bakar, ayam goreng, tempe penyet dan lain sebagainya. Sayur mentah memberikan nutrisi lebih banyak dibanding ketika sayur di masak, dengan sayur mentah kandungan serat dan pektin lebih banyak.  So dengan konsumsi sayur mentah dengan takaran yang sama dengan makan sayur yang dimasak lebih memperlancar buang air besar. Dengan lancarnya proses BAB, maka dapat meminimalisir  terjadinya wasir dan kanker. Begitu pula dengan mengkonsumsi sayuran mentah, maka kandungan nutrisi lebih banyak terserap oleh tubuh. Beberapa nutrisi dalam sayur yang mudah rusak saat dimasak yaitu zat fitonutrisi yang memiliki sifat antioksidan. zat zat itu seperti pigmen karoten, pigmen klorofil, pigmen bioflavonoid, karnitin, koenzim-Q10 dan kholin. Fungsi utama zat fitonutrisi adalah untuk meremajakan sel (regenerasi).

Manfaat Lalapan

Manfaat yang luarbiasa dari lalapan sayur mentah adalah membantu mempercepat penyembuhan dan pemulihan pasca sakit, membuat awet muda serta mengembalikan gairah bercinta. Meski sayur mentah membutuhkan proses pengunyahan lebih lama, namun hal ini memiliki manfaat yang luarbiasa daripada sayur yang dimasak. Dengan proses pengunyahan yang lama karena serat yang masih kuat, bermanfaat untuk merangsang enzim pitalin dalam air ludah, sehingga memperbaiki pencernaan dan penyerapan zat zat makanan.

Disisi lain, dengan mengunyah lebih lama dapat meningkatkan produksi hormon serotin, dimana hormon serotin membuat kita lebih rileks. Keuntungan lain, dari sayur mentah adalah aroma dan tekstur seratnya masih utuh, sedangkan sayur yang dimasak, membuat jaringan sel serat menjadi longgar dan rusak, sehingga aromanya  menguap dan tekstur sayur melunak.

Jenis Sayur Lalapan

Tidak semua jenis sayur bisa dibuat lalapan mentah, misalnya daun singkong yang kaya akan zat racun sianida. Begitu pula sayur pare, rasa pahit membuat kenikmatan makan menjadi berkurang. Namun, jika Anda mampu dan dapat menikmati makan dengan sayur pahit itu luarbiasa.  Lalap sayuran mentah yang pahit dapat membantu merangsang nafsu makan dan membantu kekebalan tubuh (sayur pahit sebagai pembentuk basa dalam tubuh). Contohnya, pucuk daun pepaya gantung.

Lalapan sayur mentah dibedakan sesuai jenisnya, yaitu sayuran daun,  sayuran buah dan polong, sayuran umbi dan rimpang, sayuran tunas. Untuk sayuran daun yang biasa di jadikan lalapan antara lain daun kemangi, kol hijau, kol putih, kol merah, selada, selada air, daun kenikir, daun seledri, pucuk kangkung darat, daun jambu, pucuk daun pepaya gantung, daun jambu mete dan sebagainya. Sedangkan jenis sayuran buah dan polong, seperti mentimun,  terong, tomat, petai, jengkol, lamtoro, kacang panjang. Untuk jenis umbi umbian dan rimpang antara lain, wortel, lobak muda, temu kunci muda, kunyit muda, kencur muda dan lain sebagainya.

Penting! Cuci Bersih

Hal penting dari sayur mentah untuk lalapan adalah dengan dicuci bersih. Sangat penting, agar debu, sisa pestisida, telur cacing yang masih mungkin menempel pada sayur mentah larut dalam air. Begitu pula, bonggol sayur yang tidak bisa dimakan dibuang terlebih dahulu. Setelah itu lakukan perendaman sayur mentah selama 3 (tiga) menit ke dalam air yang sudah diberi garam atau cuka apel alami. Kemudian cuci dengan air yang mengalir, dan setelah itu baru dipotong potong. Sedangkan untuk sayur dengan kulit ari tebal, seperti wortel perlu dikupas lebih tebal guna menghilangkan sisa pestisida yang mungkin masih menempel pada serat sayur.

Manfaat direndam dengan air yang telah dibubuhi garam atau cuka apel alami adalah untuk menghilangkan zat pencetus bau “langu” pada sebagian sayur, seperti pada sayur seledri dan kol. Setiap proses pengolahan sayur tentu membuat berkurangnya nutrisi yang terkandung di dalam sayur. Begitu juga, proses perendaman sayuran. Tips-nya, potong potong-lah sayuran setelah di cuci bersih, ini membantu mengurangi kehilangan nutrisi, terutama nutrisi yang mudah larut dalam air, seperti vitamin B dan vitamin C.

Lebih penting lagi adalah memilih jenis sayuran organik. Sebab sayur non organik ketika dicuci tidak menjamin sisa sisa pestisida dapat hilang begitu saja. Sayur yang memiliki pohon tinggi juga penting untuk dipilih sebagai lalapan, seperti daun kemang, daun jambu, daun gandaria. Pohon tinggi dari sebuah sayuran merupakan salahsatu cara meminimalisir asupan pestisida.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga, adalah pemilihan sayuran cabut seperti selada keriting. Selada keriting banyak ditanam di daerah perkotaan yang rawan kandungan cemaran logam dan polusi kota.

Oleh karena itu, untuk menghindari terkonsumsinya sisa pestisida, maka tambahkan irisan atau air  jeruk lemon atau jeruk nipis ke dalam sambal lalapan. Atau dengan menambah air yang Anda minum dengan tambahan air jeruk nipis atau jeruk lemon. Minum dengan perlahan di saat perut kosong. Kandungan yang ada dalam jeruk lemon yang disebut senyawa lemonen dan asam sitrat-nya dapat berfungsi sebagai detoksifikasi hati.

Demikian, Tips Meningkatkan Gairah Bercinta dengan Lalapan, semoga bermanfaat. Salam Sehat dan Bahagia selalu untuk Anda dan Keluarga

Disadur dari Nirmala