Elly Risman Parenting: 2 Tips Aman Menggunakan Media Sosial Untuk Anak Anda

Sosial media seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram dan lain-lain, pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Dari orang dewasa hingga anak SD, sekarang memiliki akun di sosial media-sosial media tersebut.

Belum lagi saat ini, anak-anak sudah difasilitasi dengan handphone berfitur canggih, sehingga mereka dapat mengakses apapun dari mana saja dan kapan saja. Selain memiliki kegunaan sebagai sarana komunikasi dan media informasi, sosial media sendiri memiliki dampak negatif yang cukup dahsyat.

Akhir-akhir ini, media banyak berisi dengan kasus-kasus yang disebabkan oleh penyalahgunaan sosial media. Ada kasus pelecehan seksual, penculikan, hingga pembunuhan yang dilakukan oleh orang yang baru dikenal di sosial media. Dan biasanya yang menjadi korban adalah remaja-remaja putri. Seringkali anak tidak tahu mengenai bagaimana dia harus bersikap dalam bergaul melalui Facebook. Sebagai orangtua, tentu saja hal ini perlu menjadi perhatian. Orangtua perlu membangun komunikasi-komunikasi yang baik agar anak terbuka dan mau bercerita.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya sejak awal ketika memberikan fasilitas kepada anak-anak harus dijelaskan terlebih dahulu mengenai fungsinya. Lalu beritahukan juga positif-negatif dari penggunaan fasilitas tersebut. Kemudian orangtua dan anak duduk bersama untuk membuat batasan bersama. Batasan yang dibuat harus disesuaikan dengan usia anak. Setelah ada batasan, buat kesepakatan mengenai apa yang boleh dan apa yang tidak serta apa konsekuensinya.

Proses ini tentunya tidak bisa diharapkan cepat, perlu adanya pendekatan yang kontinyu dari orangtua agar kesepakatan dapat dapat terwujud dan pelaksanaannya pun dijalankan secara konsisten.

Pada beberapa keluarga, mungkin hal ini belum dilakukan, namun anak sudah terlanjur menggunakan sosial media. Langkah apa yang perlu diambil oleh orangtua untuk menghadapi hal tersebut, berikut tipsnya:

Simak Juga  12 Cara Alami Mengatasi Keputihan Yang Gatal!

Berbicaralah dengan anak dan orangtua meminta maaf kepada anak karena sudah memberikan fasilitas tanpa memberikan informasi terlebih dahulu.

Bersama-sama, anak dan orangtua membuat batasan untuk  kedepannya. Gunakan prinsip BBM (Berfikir, Memilih, dan Mengambil keputusan) untuk membuat batasan. Ajak anak berpikir dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan. Beri kesempatan pada anak untuk memilih batasan yang akan dijalankan. Semoga bermanfaat

Sumber: Yatim Mandiri

One thought on “Elly Risman Parenting: 2 Tips Aman Menggunakan Media Sosial Untuk Anak Anda

  1. Makharya Cargo says:

    terimakasih untuk informasinya….
    semoga sukses selalu…

Comments are closed.