Efek Samping Teh Daun Jati Cina yang Harus Anda Waspadai!

Senna leaf atau daun jati cina adalah salah satu tumbuhan hijau yang banyak di temukan di Indonesia. Masyarakat baru-baru ini mengenal teh dari daun jati cina sebagai salah satu obat herbal untuk melangsingkan tubuh. Senyawa anthranoid di dalam teh daun jati cina dapat memicu kontraksi dalam usus yang membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Selain memperlancar pencernaan, teh daun jati cina ini berkhasiat untuk membersihkan darah kotor dan juga kolesterol di dalam tubuh manusia. Reaksi yang ditimbulkan dari teh daun jati cina ini sangatlah cepat, sehingga dampaknya dapat dirasakan secara cepat.  Akibat reaksi yang terlalu cepat di dalam tubuh, teh ini juga memberikan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh jika di konsumsi secara berlebihan. Berikut beberapa efek sampingnya :

Diare

Konsumsi teh daun jati cina berlebihan akan membuat proses kerja pencernaan menjadi lebih cepat. Kondisi ini membuat pencernaan mengalami kontraksi berlebih akibatnya proses buang air besar akan berlebihan. Sehingga diare pun tidak bisa dihindarkan lagi. Sebaiknya konsumsi teh daun jati cina sesuai aturan, untuk menghindari diare dan kekurangan cairan dari dalam tubuh.

Perut Kembung

Konsumsi teh daun jati cina sebaiknya dihindari oleh para perempuan yang sedang menstruasi. Meminum teh daun jati cina saat menstruasi dapat mengakibatkan perut kembung dan juga otot perut menjadi lebih kencang. Sehingga fase-fase menstruasi menjadi sangat tidak nyaman.

Hipertensi

Penggunaan teh daun jati cina secara berlebihan dapat menimbulkan hipertensi bagi sebagian orang. Konsumsi yang dilakukan secara berlebihan dapat menggangu kerja ginjal dan juga meningkatkan produksi darah yang berujung pada hipertensi.

Beberapa efek samping lainnya yang dapat ditimbulkan dari konsumsi teh daun jati cina secara berlebihan adalah mual-mual dan muntah.

Simak Juga  5 Aturan Minum Lhiformen Yang Benar Agar Hasil Nyata

Untuk mengurangi efek samping dari teh daun jati cina Anda bisa melakukan :

  1. Mengkonsumsi air putih lebih banyak
  2. Mengurangi konsumsi teh jati secara berkala

Apabila efek yang ditimbulkan semakin memperburuk kesehatan tubuh, sebaiknya hentikan penggunaan dan segera hubungi dokter. Sebaiknya konsumsi teh jati cina sesuai dengan dosis dan aturan yang sudah di berikan oleh para dokter dan herbalis. Semoga bermanfaat. Salam sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!