Efek Samping Paling Fatal Operasi Amandel! Wajib Baca Sebelum Operasi!

Penyakit amandel bisa menyerang siapa saja dan rentangan umur berapapun, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Jika sudah pada tahap serius, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi. Namun seperti apakah amandel yang harus ditangani dengan operasi? Apa sajakah efek samping operasi amandel yang bisa muncul? Mari kita bahas satu-satu.

Penyakit amandel terjadi karena adanya peradangan yang terjadi pada dua kelenjar kecil di bagian kerongkongan. Fungsinya adalah untuk kekebalan tubuh melawan virus, bakteri dan benda lain yang bisa menyebabkan kesehatan kita menurun. Karena letaknya yang di belakang kerongkongan, amandel jadi bagian paling pertama melawan bakteri ataupun virus yang masuk bersamaan dengan makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Saat kita memiliki pola makan yang buruk, maka kerja dari amandel menjadi sangat keras. Jika bekerja terlalu keras, tidak menutup kemungkinan amandel akan mengalami peradangan. Peradangan amandel bisa juga disebabkan adanya virus atau bakteri yang menyerangnya.

Sebelum kita bahas mengenai efek samping operasi amandel, coba kita lihat apa saja yang menjadi gejala adanya peradangan pada amandel kita. Gejala yang biasanya muncul adalah sakit pada tenggorokan, saat menelan makanan mengalami kesulitan dan terasa sangat sakit. Sakit kepala, pembesaran kelenjar di sekitar leher, dan bahkan kehilangan suara.

Amandel yang dianjurkan untuk diberi tindakan operasi hanyalah amandel yang sudah parah. Misalnya terjadinya radang amandel yang sangat sering dalam satu tahun, menghambat proses pernafasan, gangguan pernafasan seperti mengorok yang sering sampai terbangun, dan adanya tumor ganas pada amandel.

Jika tidak memenuhi kriteria di atas, maka radang amandel tidak seharusnya diberi tindakan operasi. Jangan sampai terlalu mudah menyetujui melakukan operasi mengingat efek samping operasi amandel yang dapat timbul. Jika masih bisa ditangani dengan cara lain, lebih baik mencoba cara lain terlebih dulu.

Efek samping operasi amandel yang dapat muncul diantaranya adalah terjadinya pendarahan. Setelah melakukan operasi ada kemungkinan terjadinya pendarahan pada luka bekas operasi. Tak melulu beberapa saat setelah operasi, tapi kemungkinan tersebut masih saja ada setelah jangka waktu yang lama yang bisa disebabkan berbagai hal.

Adanya infeksi setelah operasi, juga salah satu efek samping yang sangat mungkin terjadi. Amandel yang sudah mengalami operasi bisa mengalami infeksi karena pola makan yang tidak baik setelah melakukan operasi. Atau bisa disebabkan oleh virus dan bakteri yang menimbulkan adanya infeksi.

Selain itu, efek samping operasi amandel lainnya adalah menyebabkan telinga dan kepala sakit. Ini karena tenggorokan, telinga dan kepala adalah bagian yang sangat berkaitan, sehingga ada kemungkinan operasi amandel akan mengakibatkan sakit pada telinga dan kepala. Selain itu juga ada kemungkinan untuk merubah suara. Oleh karena itu, mengingat efek samping operasi amandel yang sedemikian serius, anda harus mempertimbangkan dengan serius sebelum menyetujuinya. Semoga bermanfaat, salam sehat untuk Anda. (berbagai sumber)