Efek Samping Okra Dibalik Sejuta Manfaatnya!

Akhir-akhir ini okra menjadi tanaman yang banyak diburu karena sejuta manfaat yang dimiliki oleh okra sangat bagus bagi kesehatan. Dengan memiliki bentuk yang unik serta rasa yang khas, maka okra mudah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dijadikan berbagai olahan. Akan tetapi dibalik sejuta manfaat yang dimilikinya ternyata okra memiliki efek samping yang tak boleh diabaikan. Efek samping okra mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat sehingga sebaiknya Anda tetap berhati-hati dan memberikan batasan untuk mengkonsumsi okra.

Tanaman Okra

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai efek samping okra, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu okra. Tanaman okra termasuk dalam jenis sayuran yang memiliki bentuk khas.

Okra tak hanya bisa ditemukan di Indonesia saja melainkan juga terdapat di beberapa negara seperti Cina, India, Jepang, dan Malaysia. Di Indonesia telah banyak petani yang mulai membudidayakan tanaman okra karena seiring dengan jumlah permintaan yang kian meningkat.

Tanaman ini bisa tumbuh pada ketinggian 600-800 di atas permukaan laut serta dengan kondisi pH tanah sekitar 6-7. Sebagai tanaman tropis, maka okra sangat tumbuh dengan baik di Indonesia dan bisa dipanen saat telah berusia 1,5 hingga 2 bulan.

Saat ini semakin banyak masyarakat yang penasaran dan ingin mencoba mengolah okra menjadi aneka hidangan lezat. Akan tetapi bagi Anda para penyuka okra sebaiknya perlu memperhatikan pula efek samping okra.

Efek Samping Okra

Efek samping okra berasal dari salah satu kandungan yang ada dalam okra seperti oksalat. Dimana jika oksalat masuk ke dalam tubuh, maka bisa berdampak pada kondisi ginjal dan batu empedu yang semakin buruk.

Oleh karena itu bagi penderita gangguan ginjal atau batu empedu sebaiknya membatasi jumlah konsumsi okra, bila perlu hindari mengkonsumsi okra karena dapat memperburuk kondisi Anda. Sedangkan bagi Anda yang tidak memiliki riwayat penyakit ginjal atau batu empedu sebaiknya tetap waspada dengan tak berlebihan mengkonsumsi okra.

Simak Juga  7 Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita!Buktikan

Tak hanya itu saja, pengolahan okra yang salah seperti digoreng, maka bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga tidak bagus untuk kesehatan Anda.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk tetap memperhatikan cara memasak okra agar tak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Semakin Anda waspada, maka semakin terhindar dari efek samping okra yang ternyata cukup berbahaya bagi tubuh.

Oleh karena itu sebelum mengkonsumsi okra ada baiknya ketahui kandungan apa saja yang ada di dalam okra serta sesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.

Itulah penjelasan mengenai efek samping okra dibalik sejuta manfaatnya. Bagi Anda yang penasaran dengan okra, maka tak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi okra.

Namun perlu diperhatikan jumlahnya, agar tak memberikan efek samping okra yang buruk bagi kesehatan. Sebetulnya meskipun memiliki efek samping, ternyata okra memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Manfaat tersebut diantaranya dapat membantu penurunan berat badan, mencegah sembelit, menjaga kesehatan kulit dan mata, menjaga sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang dan gigi dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat!

Salam sehat untuk Anda dan keluarga!

2 thoughts on “Efek Samping Okra Dibalik Sejuta Manfaatnya!

  1. Doreen Elwell says:

    Luar biasa gan…..

  2. klo fi bikin infused water masih ad efeksamping tidak?

Comments are closed.