Efek Samping Mie Instan yang Harus Anda Waspadai!

Banyak orang yang keranjingan dengan makanan yang satu ini, seolah jika tidak menyantap makanan ini serasa ada yang kurang dalam hidup ini. Apalagi jika menyantapnya ditambah dengan nasi “wow” nikmat sekali. Demikian ungkapan para penggemar mie instan. Namun, tahukah anda efeksamping yang ditimbulkan jika Anda terus menerus menyantap makanan yang satu ini.

Pahamkah Anda, bahaya yang akan Anda dapatkan jika Anda tidak segera menghentikan menyantap menu yang satu ini. Simak tulisan berikut, yang akan mengupas tuntas tentang efeksamping mie instan untuk kesehatan tubuh Anda di masa yang akan datang.

Titik Kritis Bahan Mie

Semua bahan bahan mie instan berada pada titik kritis keamanan dan kehalalan-nya. Tepung terigu, minyak goreng, bumbu-bumbu dan bahan lainnya. Tidak ada jaminan sama sekali jika bahan mie instan terbuat dari formula bahan yang aman dan halal. Contoh tepung terigu, saat ini tepung terigu difortivikasi dengan vitamin. Sedangkan vitamin sifatnya tidak stabil sehingga harus di coating (dilapisi).

Dan salahsatu bahan pelapis yang mesti  diwaspaspadai adalah gelatin, yang kemungkinan dibuat dari bahan yang tidak halal, seperti babi. Sementara itu, bahan vitamin juga masih perlu ditegaskan, apakah terbuat dari bahan hewani, tumbuhan atau mikroorganisme.

Bumbu dan Pelengkap

Bumbu yang digunakan dalam mie instan antara lain vetsin  dan MSG. Dimana titik kritis kedua bumbu tersebut?

Titik kritis vetsin yaitu pada media mikrobial, media yang digunakan untuk mengembangbiakkan mikroorganisme yang berfungsi memfermentasi bahan baku vetsin.

Sedangkan MSG sebagai bahan perasa (penggurih) yaitu HVP dan yeast extract. HVP atau hidrolized vegetable protein merupakan jenis protein yang dihidrolisasi dengan asam khlorida ataupun dengan enzim.

Sumber enzim inilah yang patut diwaspadai; apakah berasal dari hewan, tumbuhan atau mikroorganisme. Sedangkan titik kritis yeast extract adalah asam amino yang berasal dari hewan; apakah aman dan halal?.

Simak Juga  Terbaru! 7 Cara Pemakaian QnC Jelly Gamat Yang Benar! 99% Hasil Maksimal

Minyak Sayur

Minyak sayur pada mie instan yang patut diwaspadai adalah sumbernya, apakah terbuat dari bahan hewan atau nabati. Jika terbuat dari bahan hewan, apakah dari hewan yang aman dikonsumsi atau malah dari hewan yang tidak layak dikonsumsi. Dan bagi muslim tentunya, apakah berasal dari hewan yang halal atau sebaliknya.

Bahan Penambah Rasa

Bahan penambah rasa atau flavor merupakan bahan yang selalu digunakan untuk pembuatan mie instan. Dari bahan inilah muncul berbagai macam rasa mie, seperti ayam panggang, soto, kari, bakso dan lain-lain.

Titik kritis yang harus diwaspadai adalah sumber flavor. Apakah dari sumber hewani atau nabati. Jika sumbernya dari hewan, apakah hewan tersebut aman dan atau apakah cara penyembelihannya sesuai syariat (untuk muslim).

Bahkan sumber flavor ditengarai ada yang terbuat dari rambut atau bagian lain dari tubuh manusia. Hal ini, jelas tidak aman dan tidak halal.

Solid Igredient

Solid igredient merupakan bahan bahan pelengkap, seperti sosis, bawang goreng, cabe kering dan lain sebagainya. Titik kritis bahan ini, adalah jika berasal dari sumber hewani; maka antara aman dan tidak, antara haram dan halal.

Sambal dan Kecap

Bahan terakhir yang berada pada titik kewaspadaan adalah sambal dan kecap. Sambal menggunakan emulsifier untuk menstabilkan campurannya.  Emulsifier dapat berasal dari sumber hewani yang harus diketahui kejelasannya.

Sedangkan kecap dapat menggunakan flavor, MSG dan kaldu tulang untuk menambah kelezatannya. Sumber sumber bahan dasar inilah yang harus diwaspadai akan keamanan dan sumbernya.

Bagaimana seharusnya?

Saat ini banyak diproduksi berbagai macam variasi rasa mie instan yang beredar di masyarakat. Satu hal, mie instan aman jika telah terdaftar di BPOM RI (Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia). Dan mie instan halal jika telah teregister di LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia).

Simak Juga  Vitamale HWI Obat Kuat: Bahan, Khasiat, Efek Samping, Aturan Minum, Testimoni, Harga

Meski produk mie instan telah aman dan halal, tapi alangkah baiknya Anda tidak mengkonsumsi-nya setiap hari. Sebab banyak bahan bahan kimia yang terdapat pada mie instan seperti pewarna, pengawet dan penyedap.

Jika bahan bahan kimia tersebut terakumulasi dalam tubuh, tentu saja akan mengganggu sistem metabolisme tubuh seseorang. Akibatnya, gejala penyakit akan mulai bermuculan, seperti lambung, liver, ginjal dan lain sebagainya.

Demikian, Efek Samping Mie Instan, Bahaya Ekstrim yang Mengancam Kesehatan Anda! semoga bermanfaat. Salam sehat untuk Anda dan keluarga!

One thought on “Efek Samping Mie Instan yang Harus Anda Waspadai!

  1. ihh jadi ngeri deh
    tapi mie instant nagihin sih haha

Comments are closed.