Efek Samping Krim Pemutih Glowing Instan!Wanita Wajib Baca?

Saat ini banyak lelaki dan perempuan yang mencari dan menggunakan krim pemutih. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah ingin mendapatkan kulit bersih dan  putih. Dalam mensikapi maraknya krim pemutih yang beredar di pasaran, diperlukan kecermatan dan ketelitian dalam memilih krim pemutih tersebut. Apakah krim pemutih tersebut terbuat dari bahan bahan yang aman dipakai atau malah justeru terbuat dari bahan kimia yang berbahaya.

Krim pemutih yang beredar dipasaran kebanyakan krim pemutih glowing instan yang mengandung hidroquinon. Bahan ini merupakan  zat kimia yang bekerja dengan cara menghambat produksi melanin, sehingga kulit tampak lebih cerah. Lebih lanjut hidroquinon menghalangi pengeluaran melanin oleh melanosit di dalam epidermis.

Hidroquinon mampu menembus kulit sehingga menyebabkan penebalan gentian kolagen. Saat penggunaan  hidroquinon, kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Hasilnya, kulit akan nampak lebih cerah dan lebih putih dalam hitungan empat sampai dengan enam minggu.

Efeksamping Krim Pemutih Glowing Instan

Inilah efeksamping yang harus Anda waspadai dari Krim Pemutih Glowing Instan, jika Anda terus menerus memakai produk tersebut;

  • Dalam waktu lama krim tersebut dapat mengurangi bahkan menghilangkan hiperpigmentasi kulit.
  • Krim pemutih dapat menimbulkan respon berlawanan saat berhenti memakainya, tapi jika dipakai dalam jangka panjang (akibat terpapar sinar matahari), maka bukan kulit putih yang nampak terlihat melainkan munculnya spot coklat kehitaman hingga bintik kekuningan (okronosis). Akibatnya, kerusakan kulit tersebut bersifat permanen, sebab tidak ada produk yang dapat mengembalikan warna kulit ke bentuk semula.
  • Penggunaan krim pemutih secara berlebihan berdampak negatif pada pemakainya, yaitu memberikan efek iritasi dan rasa terbakar pada kulit.
  • Penggunaan krim pemutih dalam jangka panjang dapat menyebabkan timbulnya kanker darah (leukimia) dan penyakit lain seperti kelainan ginjal dan kelainan fungsi hati.

Tips Memilih Krim Pemutih

Agar tidak menjadi korban krim pemutih dengan kandungan bahan kimia tinggi, maka seharusnya konsumen lebih cermat dan lebih teliti dalam memilih krim pemutih yang saat ini banyak beredar. Inilah tips sederhana dalam memilih krim pemutih;

  • Jangan mudah menerima informasi dan iklan tentang krim pemutih yang dapat “memutihkan” kulit secara cepat atau instan.
  • Perhatikan, apakah krim pemutih tersebut telah memiliki serifikasi dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI).
  • Bagi Muslim, perhatikan; apakah krim pemutih tersebut telah mengantongi label “Halal” MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Demikian, Efek samping Krim Pemutih Glowing Instan yang Wajib Anda Ketahui!. Semoga bermanfaat. Salam sehat untuk Anda dan Keluarga!