Efek Samping Habbatussauda Dibalik Seribu Satu Manfaatnya!

Habbatussauda atau juga biasa disebut dengan jintan hitam merupakan salah satu jenis obat herbal yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Banyak manfaat yang bisa dirasakan setelah mengkonsumsi habbatussauda seperti mengatasi penyakit diabetes, meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit, melancarkan buang air besar, mengatasi pencernaan. Berikut beberapa kegunaannya:

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Konsumsi habbatussauda dapat meningkatkan jumlah sel-sel-T di dalam tubuh yang berperan aktif menjaga ketahanan tubuh. Apabila dikonsumsi secara teratur, tubuh menjadi tidak mudah sakit.

  1. Menetralkan Racun Dalam Tubuh

Di dalam habbatussauda terdapat senyawa yang disebut dengan saponin. Senyawa tersebut berperan untuk menetralkan racun-racun di dalam tubuh. Sehingga tubuh akan bersih dari racun dan menjadi lebih sehat.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Selain itu, kandungan habbatussauda sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi. Kandungan asam linoleat sangat dibutuhkan untuk nutrisi bagian sel-sel otak dan meningkatkan kecerdasan otak. Obat herbal ini sangat tepat jika diberikan kepada anak-anak dan juga orang tua yang sudah lanjut usia.

Sama halnya dengan obat herbal lainnya, apabila dikonsumsi secara berlebihan, jintan hitam atau habbatussauda menimbulkan efek yang cukup berbahaya bagi tubuh seperti :

Mengganggu Kesehatan Janin

Bagi ibu-ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jintan hitam ini. karena efek panas yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi habbatussauda dapat membahayakan kesehatan janin di dalam rahim ibu. Apalagi jika konsumsi jintan hitam dilakukan secara berlebihan saat hamil, kemungkinan besar terjadi keguguran dapat menimpa ibu hamil tersebut.

Begitu juga dengan ibu hamil dengan usia kandungan yang masih muda sekali, kemungkinan terjadi keguguran akan lebih besar. Maka dari itu, jintan hitam merupakan salah satu obat herbal yang harus dijauhi oleh ibu hamil. Dan dapat dikonsumsi lagi setelah masa kehamilan berakhir.

Selain mengganggu kesehatan bagi ibu hamil, konsumsi jintan hitam secara berlebih tentunya sangat membahayakan bagi tubuh karena senyawa yang terdapat didalamnya menimbulkan efek panas dan juga rasa pahit. Akan tetapi jika dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan, khasiat habbatussauda dalam menjaga kesehatan tubuh akan sangat terasa. Semoga bermanfaat! Salam sehat dan bahagia untuk Anda dan keluarga!