Efek Samping dan Bahaya Royal Jelly? Dibalik Seribu Manfaatnya!

Royal Jelly adalah zat yang berbentuk krim yang dihasilkan lebah dan biasanya dijadikan sebagai makanan ratu lebah. Royal Jelly memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Kandungan tersebut antara lain protein, air, gula, asam amino, vitamin, lipid, dan berbagai jenis mineral lainnya. Di balik kandungannya tersebut ternyata terdapat efek samping Royal Jelly yang cukup berbahaya bagi kesehatan terutama bagi Anda yang mudah terkena alergi.

Banyaknya kandungan Royal Jelly tentu akan memberikan manfaat yang sangat bagus bagi tubuh manusia. Manfaat Royal Jelly tersebut antara lain dapat menurunkan tekanan darah, sebagai anti bakteri, anti inflamasi, antioksidan, disinfektan, anti kolesterol, anti kanker dan sebagai vasodilator. Untuk memperoleh manfaat dari Royal Jelly tersebut biasanya Royal Jelly akan dicampurkan pada sumplemen atau ramuan herbal sehingga bisa menambah khasiat serta cita rasa.

Selain bermanfaat seperti yang telah dijelaskan di atas, Royal Jelly juga ampuh mengatasi berbagai jenis penyakit mulai dari yang ringan hingga berat. Jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan Royal Jelly antara lain asma, pankreatitis, penyakit hati, penyakit ginjal, patah tulang, kolesterol tinggi, gangguan kulit, sindrom pramenstruasi, insomnia, dan rhinitis alergi.

Meskipun memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, ternyata efek samping dari mengkonsumsi Royal Jelly pantas untuk Anda perhatikan. Bagi sebagian orang yang mengkonsumsi Royal Jelly, efek samping Royal Jelly bisa menimbulkan reaksi berupa dermatitis, syok anafilaksis dan asma. Bahkan tak sedikit yang mengalami alergi setelah mengkonsumsi Royal Jelly sehingga Anda harus waspada jika ingin mengkonsumsi Royal Jelly.

Sebetulnya Royal Jelly tergolong sangat aman untuk dikonsumsi tetapi Anda harus waspada karena kandungan yang terdapat dalam Royal Jelly bisa memicu terjadinya reaksi tubuh yang berbeda-beda pada masing-masing orang. Kebanyakan reaksi tersebut muncul karena adanya alergi setelah mengkonsumsi Royal Jelly yang bisa dikategorikan sebagai efek samping Royal Jelly.

Efek samping Royal Jelly yang berupa alergi bisa menjadi serius bila tidak segera diatasi. Selain asma, dermatitis dan syok anafilatik efek samping Royal Jelly bisa mengakibatkan diare yang disertai darah akibat adanya pendarahan di usus. Sangat disarankan bagi penderita tekanan darah rendah untuk mengurangi konsumsi Royal Jelly karena efek samping Royal Jelly bisa mengakibatkan penurunan tekanan darah yang membuat kondisi seseorang menjadi drop.

Hindari pula konsumsi Royal Jelly bagi Anda yang memiliki alergi kulit karena bisa memperparah kondisi alergi Anda setelah mengkonsumsi Royal Jelly. Lebih parahnya lagi akan timbul ruam dan peradangan apabila digunakan di kulit kepala Anda.

Bagi Anda yang saat ini sedang dalam kondisi hamil, menyusui, mempunyai riwayat asma dan alergi kulit sebaiknya perlu lebih waspada ketika akan mengkonsumsi Royal Jelly. Meskipun tergolong aman dan alami tetapi tak dapat dipungkiri Royal jelly bisa menimbulkan efek samping Royal Jelly yang berbahaya bagi pengkonsumsinya. Oleh karena itu pastikan Anda mengkonsumsi Royal Jelly secara tidak berlebihan atau bisa menghindari jika Anda pernah memiliki pengalaman alergi terhadap Royal Jelly. Semoga bermanfaat, salam sehat dan bahagia untuk Anda dan keluarga. Tetap Semangat.

Berbagai sumber