Efek Samping Beras Hitam Yang Belum Anda Ketahui!Wajib Baca

Saat ini keberadaan beras hitam mulai “ngtrend” di kalangan masyarakat, artinya banyak masyarakat yang mulai memanfaatkan beras hitam sebagai alternatif pilihan selain beras putih. Pertanyaan yang muncul, benarkah beras hitam lebih kaya nutrisi dan manfaat dibanding beras putih, bahkan dengan jenis beras lainnya. Dan apakah “benar” bahwa konsumsi olahan beras hitam tidak ada efek sampingnya terhadap kesehatan kita. Simak terus tulisan berikut.

Secara umum, belum banyak masyarakat mengenal tentang beras hitam (Oryza sativa L), walaupun akhir-akhir ini konsumsi beras hitam ini semakin meningkat karena potensinya yang baik untuk kesehatan.

Menurut Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian Indonesia, beras hitam merupakan varietas lokal yang mengandung zat warna (pigmen) paling baik yang berbeda dengan beras warna lain.

Indonesia sendiri merupakan produsen beras hitam terbesar ketiga di dunia dengan produksi sebesar 7,2% dari total produksi dunia.

Kandungan Gizi Beras Hitam

Beras hitam memiliki sejumlah keunggulan gizi atas beras pada umumnya, seperti kandungan protein, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi, meskipun hal ini bervariasi tergantung varietas dan lokasi produksi.

Dibandingkan dengan beras putih, beras hitam relatif lebih kaya mineral seperti Fe, Zn, Mn, dan P serta kandungan berbagai mineral yang lebih tinggi tergantung varietas dan jenis tanah tempat penanaman. Namun, perlu dipahami bahwa kandungan pati, protein, dan lemak dalam beras akan menurun selama penyimpanan. Selain itu, cara pengolahan seperti perendaman dan pemanasan juga dapat mempengaruhi kandungan zat gizi beras.

Pada tahun 2010, Zhimun Xu, asisten professor Ilmu Pangan di Louisiana State University of Agricultural Center, Louisiana melaporkan bahwa selain mengandung antioksidan, beras hitam juga mengandung lebih sedikit kadar gula, lebih banyak serat dan vitamin.

Simak Juga  Resep Alami: Cara Merawat Miss V Agar Tetap Harum dan Tidak Becek

Zat Warna Pada Beras Hitam dan Manfaatnya

Warna ungu gelap mendekati hitam pada beras hitam disebabkan oleh kandungan antosianin yang tinggi di kulit perikarpium-nya. Zat antosianin ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Salahsatu fungsinya adalah sebagai antioksidan di dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, yakni penyakit penyumbatan pembuluh darah.

Antosianin bekerja menghambat proses aterogenesis dengan mengoksidasi lemak jahat dalam tubuh, yaitu lipoprotein densitas rendah (LDL). Antosianin juga melindungi integritas sel endotel yang melapisi dinding pembuluh darah sehingga tidak mudah terjadi kerusakan. Kerusakan sel endotel merupakan awal mula pembentukan aterosklerosis harus dihindari. Selain itu, antosianin juga merelaksasi pembuluh darah untuk mencegah aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Berbagai manfaat lain dari antosianin untuk kesehatan manusia adalah melindungi lambung dari kerusakan, menghambat sel tumor, meningkatkan kemampuan penglihatan mata, serta berfungsi sebagai senyawa anti-inflamasi yang melindungi otak dari kerusakan.

Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa senyawa mampu mencegah obesitas dan diabetes mellitus, meningkatkan kemampuan memori otak dan mencegah neurologis, serta menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Mutu Organoleptik Beras Hitam

Mutu organoleptik merupakan mutu produk yang dinilai dari sifat organoleptiknya seperti rasa, aroma, warna, tekstur, kerenyahan, dan lainnya. Beras hitam memiliki rasa dan aroma yang baik dan penampilan yang spesifik dan unik. Nasi beras hitam memiliki rasa seperti nasi putih namun tidak terlalu manis seperti nasi putih. Bila dimasak, nasi beras hitam memiliki tekstur sedikit pera dan tidak pulen seperti nasi putih dan warnanya menjadi ungu pekat mendekati hitam dengan rasa serta aroma yang menggugah selera makan.

Nah, dengan lebih mengenal beras dan manfaatnya, harapannya akan lebih banyak lagi masyarakat yang memetik manfaat dari beras ini. Semoga bermanfaat, salam sehat dan bahagia untuk Anda keluarga.

Simak Juga  3 Aturan Minum Herbalife Yang Benar Agar Cepat Kurus! Turun 2-4 Kg/Minggu

 oleh: Yosfi Rahmi, S.Gz, MSc via alfalah

 

One thought on “Efek Samping Beras Hitam Yang Belum Anda Ketahui!Wajib Baca

  1. beras hitam mengandug sedikit kadar gula berarti bagus untuk dikonsumsi orang yang menderita penyakit diabetes, dan untuk penderita penyakit diabetes yang takut untuk makan nasi karena banyak mengandung kadar gula bisa mengubah makan beras hitam yang sedikit kadar gulanya. ternya jika terlalu lama disimpan dan cara pengolahan/memasaknya salah atau bisa mengurangi nilai gizi yang terdapat didalam beras hitam tersebut.

Comments are closed.