Demam Berdarah: Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Jambu Merah

Demam berdarah adalah salahsatu infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Infeksi dengue ini, merupakan salahsatu infeksi tersering di Indonesia dan bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat menyebabkan kematian. Jumlah penderita demam berdarah dengue akan meningkat pada musim penghujan. Karena pada saat musim penghujan nyamuk pembawa virus tersebut, yaitu nyamuk Aedes Aegepty akan lebih mudah berkembang biak dengan bertelur pada genangan-genangan air bekas hujan.

Gejala Gejala Demam Berdarah

Adapun gejala gejala demam berdarah yaitu:

  1. Demam lebih dari dua hari sifatnya naik turun atau ada fase bebas demam. Pada saat demam biasanya tinggi sekitar 38-40 derajat celcius.
  2. Terdapat tanda tanda pendarahan seperti bintik-bintik merah pada kulit, gusi berdarah, mimisan dan pada kasus yang lebih berat dapat menyebabkan muntah darah atau Buang Air Besar (BAB) berdarah.
  3. Nyeri pada ulu hati, pada anak terkadang mereka mengeluhkan rasa tidak nyaman pada perut kanan atas maupun mual
  4. Rasa lemas berlebihan.

Curigai demam berdarah bila anak demam sudah lebih dari dua hari, terutama bila ada teman dari anak tetangga hingga radius 100 meter dari rumah ada yang menderita demam berdarah.

Hal yang harus Dilakukan Saat Gejala Demam Berdarah

Pada saat anak demam yang harus dilakukan di rumah adalah:

  1. Memberi minum yang banyak
  2. Memberi obat penurun panas
  3. Kompres menggunakan air hangat pada dahi dan ketiak. Jangan menggunakan air dingin, karena dapat menyebabkan anak menjadi menggigil dan memberi rasa tidak nyaman.
  4. Segera bawa anak ke pusat pelayanan kesehatan agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Jambu Merah untuk Demam Berdarah

Jambu biji merah mengandung berbagai mineral dan vitamin. Kadar vitamin C pada jambu biji lebih tinggi dari jeruk pada berat yang sama. Jus jambu biji merah diduga dapat mencegah terjadinya kebocoran kapiler pembuluh darah, dimana hal ini dapat memperparah kondisi pasien yang menderita infeksi dengue.

Simak Juga  Waspadai! Efek Samping Parasetamol Dibalik Manfaatnya

Ekstrak jambu biji pun dipercaya dapat meningkatkan trombosit. Tetapi kedua hal tersebut hanya merupakan suplemen, sehingga terapi medis tetap menjadi terapi utama untuk kasus demam berdarah.

Sumber: dr. Rima Hayyu Chrisnanda via Yatim Mandiri