Belimbing Wuluh: Resep yang Benar agar Jerawat Sembuh Total!

Pasti! Anda sudah tahu dengan tumbuhan yang satu ini, ya Belimbing Wuluh. Tanaman ini tumbuh dan berkembang dengan biji maupun stek batangnya. Dan dapat kita temukan di pekarangan pekarangan terutama di pedesaan. Konon, tanaman ini diperkirakan berasal dari kepulauan Maluku dan tumbuh dengan bebas di seluruh Indonesia, Philipina, Sri Lanka, Myanmar dan negara negara lainnya. Tumbuhan ini memiliki tinggi dapat mencapai 5-10 meter. Bunganya kecil mungil, muncul langsung dari batang dengan tangkai bungan berambut. Warna buah ketika masih muda hijau, dengan sisa kelopak bunga menempel diujungnya. Sedang, jika buah masak berwarna kuning dan kuning pucat. Daging buahnya berair dengan rasa “sangat asam”.

Belimbing Wuluh memiliki kandungan kimia antara lain saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida, dan kalium sitrat. Dan dalam pengobatan farmakologi China, Belimbing Wuluh dikenal dapat menghilangkan rasa sakit, anti radang, dan peluruh kencing.

Belimbing Wuluh atau Averrhoa bilimbi selama ini lebih banyak dikenal untuk bumbu sayur asam atau sayur asem (Jawa).  Masyarakat Aceh telah mengolah Belimbing Wuluh menjadi penyedap rasa yang dikenal dengan asam sunti. Asam sunti ini juga dimanfaatkan untuk mengawetkan ikan dan daging.

Di Indonesia pemanfaatan Belimbing Wuluh untuk pengobatan herbal masih belum semarak seperti Tanaman Obat Keluarga (Toga) lainnya. Mungkin baru beberapa masyarakat yang telah memanfaatkan Belimbing Wuluh sebagai obat alternatif.

Adapun Belimbing Wuluh tidak hanya bermanfaat untuk bumbu dapur dan penyedap rasa, namun Belimbing Wuluh memiliki manfaat lain yang mungkin? banyak diantara kita belum mengetahuinya. Terutama manfaat yang berkaitan dengan pengobatan herbal dan alami.

Beberapa manfaat Belimbing Wuluh antara lain untuk pengobatan batuk, Belimbing Wuluh juga dapat membantu mengobati pegal linu, gondongan, sariawan, rematik, darah tinggi, kolesterol, sakit gigi dan lain sebagainya.

Selain untuk pengobatan beberapa penyakit diatas, Belimbing Wuluh juga sangat bermanfaat untuk kecantikan terutama untuk menghilangkan jerawat yang membandel baik pada remaja maupun dewasa. Adapun cara meramunya sangat mudah, yaitu; beberapa Belimbing Wuluh (tiga biji), tumbuk ketiga biji Belimbing Wuluh tadi hingga halus, lantas campur dengan garam secukupnya. Kemudian hasil campuran tadi Anda gunakan untuk menggosok wajah yang berjerawat. Lakukan ini pagi dan sore, lakukan dengan sabar hingga jerawat Anda hilang.

Demikian, Belimbing Wuluh: Resep yang Benar agar Jerawat Sembuh Total! Semoga Bermanfaat, Salam Sehat dan Bahagia.

Disclaimer: hasilnya berbeda untuk setiap orang, tergantung penyebab, kronologis dan faktor lainnya pada setiap penderita.

One thought on “Belimbing Wuluh: Resep yang Benar agar Jerawat Sembuh Total!

  1. Makharya Cargo says:

    terimakasih untuk informasinya….
    semoga sukses selalu…

Comments are closed.