Bahaya! Inilah 8 Efek Samping Makan Mentimun Tiap Hari

Salah satu jenis tanaman yang saat ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat adalah mentimun. Mentimun merupakan tanaman sejenis sayuran, namun secara ilmiahnya termasuk dalam golongan buah. Mentimun memiliki banyak sekali manfaat dan nutrisi baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Sehingga tak heran jika mentimun masih dibudidayakan sampai sekarang ini.

Untuk mengkonsumsi mentimun pun bisa langsung dijadikan sebagai lalapan atau dimasak seperti pada bumbu acar. Perlu diketahui, bahwa pengonsumsian mentimun yang berlebih justru tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan mentimun juga akan menimbulkan efek samping dan akan sangat mengganggu kesehatan tubuh kita. Lantas apa saja efek samping mentimun jika mengkonsumsinya tiap hari dalam jumlah yang banyak atau berlebih? Berikut beberapa efek samping mentimun yang perlu Anda ketahui.

  1. Memicu terjadinya keracunan

Salah satu efek samping mentimun jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak yaitu dapat memicu terjadinya keracunan dalam tubuh. Walaupun mentimun merupakan buah yang kaya akan nutrisi, namun nyatanya ada senyawa tertentu yang menimbulkan rasa pahit. Hal ini dikarenakan adanya triterpenoid yang mampu menjadi racun bagi tubuh. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda mengkonsumsi mentimun dalam jumlah yang tepat.

  1. Bahaya akibat penggunaan pestisida pada mentimun

Pembudidayaan mentimun tentu tidak lepas dari peran pestisida. Dengan begitu mentimun yang telah terpapar pestisida tentu memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan. Terlebih bagi Anda yang langsung memakannya tanpa membersihkannya dahulu. Cucilah mentimun dengan air segar yang mengalir dan bilas bagian kulitnya agar bisa mengurangi efek samping mentimun akibat paparan pestisida.

  1. Bahaya pemberian lapisan lilin yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab

Untuk menghindari terjadinya kerusakan pada buah mentimun untuk dipasarkan, maka sebagian besar dari petani menggunakan lapisan lilin. Hal ini dilakukan agar tengkulak tidak memperoleh kerugian yang besar. Adanya lapisan lilin tersebut membantu mentimun dalam melindungi serangan serangga ataupun kerusakan saat dipasarkan.

Di sisi lain langkah ini bisa memberikan efek buruk bagi seseorang khususnya pada bagian kulit akibat alergi terhadap bahan-bahan dari lilin yang digunakan sebagai lapisan mentimun.

  1. Mengurangi cairan dalam tubuh seseorang

Apabila Anda mengkonsumsi banyak mentimun, maka efek samping mentimun yang akan bereaksi dalam tubuh adalah menurunnya jumlah cairan. Hal ini dikarenakan mentimun memiliki kandungan cucurbitacin yang akan merangsang buang air kecil sehingga cairan dan elektrolit akan keluar dari tubuh. Tentu hal ini dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

  1. Memicu terjadinya perut kembung

Efek samping mentimun selain menurunkan kadar cairan dalam tubuh ternyata kandungan cucurbitacin juga mampu menimbulkan beberapa masalah pencernaan. Seperti terjadinya perut kembung, kentut ataupun sendawa. Hal ini dikarenakan adanya gas berlebih yang secara otomatis tubuh bereaksi untuk segera mengeluarkannya. Jadi jangan terlalu banyak mengkonsumsi mentimun agar kesehatan tubuh tidak mudah terganggu. Semoga bermanfaat, salam sehat dan bahagia untuk Anda dan keluarga.

www.JamuKu.com Toko Jamu Herbal Terpercaya