Apa Perbedaan Kista dengan Miom? Serta Kesamaannya!

Menjadi seorang wanita memang lebih rumit karena pada hakikatnya wanita adalah makhluk yang unik. Salah satu bagian yang rumit dari wanita adalah organ reproduksinya. Organ ini termasuk juga organ yang rawan terkena penyakit. Penyakit yang sering sekali diderita oleh wanita adalah kista dan miom.

Banyak orang mengira kista dan miom itu sama. Hal tersebut salah sekali, perbedaan kista dan miom sangat banyak. Namun keduanya memang sama-sama sejenis penyakit yang muncul di daerah organ reproduksi.

Langsung saja berikut ini adalah ulasan tentang perbedaan kista dan miom:

Tumor Jinak

Perbedaan kista dan miom adalah bentuk benjolannya. Tumor jinak lebih mengarah ke jenis kista. Tumor jinak ini memang tak se-mengerikan kanker, namun ada beberapa kasus tumor jinak bisa mengarah ke  arah kanker.

Bukan itu saja, tumor jinak sekalipun kalau  tidak segera diatasi juga akan menjadi penyakit yang berbahaya. Perbedaan kista dan miom lainnya kalau miom sering disebut daging tumbuh. Intinya kalau miom itu bakal kista.

Berisi Cairan

Kalau kista adalah sejenis benjolan yang berisi cairan maupun jaringan tubuh berupa rambut, gigi, dan jaringan tulang rawan. Perbedaan kista dan miom, kalau miom lebih ke otot rahim yang berkembang akan menjadi sebuah kista. Nah, mulai sekarang sudah tahu kan letak perbedaannya? Memang kita harus jeli membedakan kedua penyakit rahim tersebut.

Ukuran

Ukuran miom dan kista pun bervariasi. Kalau perbedaan kista dan miom dalam segi ukuran, miom sebesar kacang polong atau anggur. Sedangkan untuk ukuran kista lebih besar lagi bahkan bisa sampai 5 kg. miom dan kista sama-sama menyerang wanita-wanita di usia produktif apalagi semakin subur di usia-usia kehamilan. Namun ketika mau mendekati masa menopouse, kista dan miom akan mengecil sesuai dengan kadar hormon yang juga menipis.

Faktor Keturunan dan Gaya Hidup

Perbedaan kista dan miom adalah jenis penyakit yang ukuran dan letaknya berbeda. Namun persamaannya cukup banyak. Salah satunya keturunan. Wanita dengan gen yang memiliki riwayat kista dan miom cenderung berisiko lebih besar.
Namun gaya hidup tak sehat pun juga bisa menjadi pemicu adanya penyakit kista dan miom dalam rahim. Kalau sudah tahu risiko yang ditimbulkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, mulai sekarang jangan lagi terlalu sering makan junk food ya.

Perbedaan kista dan miom adalah letak benjolan dan isi benjolan. Miom cenderung bakal kista yang harus segera dihilangkan agar tak berkembang menjadi penyakit yang jauh berbahaya.

Penanganan

Perbedaan kista dan miom hanyalah tempat dan juga klasifikasi jenis penyakit. Namun pada intinya, penanganan yang dilakukan sama. Yakni mencegah dan mengobati, baik alami maupun dengan operasi. Semoga Bermanfaat!

Salam sehat dan bahagia untuk Anda dan Keluarga!