9 Kudapan Paling Sehat dan Aman Untuk Penderita Diabetes

Bagi sebagian penderita diabetes, konsumsi zat gula berlebihan adalah hal yang harus dihindari. Namun kabar baiknya untuk penderita diabetes dapat menyiasati dengan mengurangi penggunaan zat gula dari komposisi yang biasa ditulis dalam buku resep kue kering.  Jika Anda tetap menginginkan kue dengan rasa manis, maka Anda bisa mengganti gula biasa pada umumnya dengan gula khusus penderita diabetes atau sejenis gula diet.

Selain itu menambahkan pemanis alami seperti buah-buahan dalam kue bisa menjadi pilihan jitu untuk mengganti rasa manis dari gula. Tak lupa, mengganti tepung terigu dengan tepung gandum  bisa membantu juga menurunkan kadar gula dalam kue kering.

Nah, bagi penderita diabetes atau kencing manis dituntut untuk bisa mengatur pola makannya sebaik mungkin, baik dari segi jumlah, jadwal maupun jenis makanannya. Kurangnya jumlah insulin maupun terjadinya resistensi insulin membuat penderitanya harus hati-hati menjaga agar kadar gula atau glukosa dalam darah mereka tidak melonjak.

Pasalnya, kadar glukosa yang tinggi setelah makan dapat memicu timbulnya komplikasi makrovaskuler seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah. Namun, resiko tersebut dapat diturunkan jika penderita diabetes tetap konsisten menjalani gaya hidup.

Lalu cemilan apa saja yang boleh bagi penderita diabetes? Berikut ini adalah daftar pilihan bahan camilan terbaik yang disarankan untuk penderita diabetes.

Pertama, Cokelat Hitam. Coklat kaya akan flavonoid yang dapat meningkatkan sensitifitas insulin, mengurangi resistensi insulin, mempercepat pengolahan glukosa darah, dan mengurangi keinginan makan berlebih.

Kedua, Cake Blueberry. Cake yang ada blueberry mengandung baik serat tak larut yang diolah lebih lama dalam tubuh dan mengendalikan kadar gula darah.

Ketiga, Oatmeal, makanan ini juga kaya akan magnesium yang membantu tubuh memanfaatkan glukosa dan mensekresi insulin dengan baik. Oatmeal juga dapat menurunkan  resiko terkena serangan jantung yang merupakan salahsatu komplikasi diabetes.

Keempat. Ubi Jalar, senyawa yang termasuk oksidan ini bermanfaat sebagai zat anti peradangan, anti viral dan anti mikroba. Ubi jalar juga kaya akan vitamin A dan kaya serat. Gunakan ubi jalar sebagai pengganti kentang karena memiliki indeks glukosa lebih rendah.

Kelima, Kacang Kenari (walnut), kandungan serat, L-Arginin, Omega-3, Vitamin E, dan senyawa fitrokimia yang ditemukan dalam walnut dan kacang-kacangan lain membuat mereka berfungsi sebagai zat antioksidan, anti kanker, anti viral, dan anti kolesterol tinggi.

Keenam, Kayu Manis, salahsatu studi dalam jurnal “Diabetes Care” menyebutkan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi satu gram kayu manis atau lebih secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar gula hingga 30% dibanding mereka yang tidak konsumsi. Kayu manis juga membantu menurunkan trigliserida, kolesterol LDL, dan total kolesterol sebanyak 25%.

Ketujuh, Susu dan Yogurt Rendah Lemak. Selain gula, lemak juga menjadi hal yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes. Mengkonsumsi Yogurt rendah lemak dapat menurunkan resiko terkena diabetes hingga 28% dibandingkan tidak konsumsi sam sekali. Para peneliti juga meyakini bahwa mikroba di dalam Yogurt bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang sering dialami penderita diabetes.

Kedelapan, Gandum. Penderita diabetes biasanya akan mencoba mengurangi banyak makanan yang mengandung glukosa layaknya nasi. Hal yang sama berlaku untuk beberapa camilan, khususnya yang terasa manis dan cenderung enak. Well, biskuit gandum atau snack yang terbuat dari bahan gandum ternyata dianggap cukup aman bagi penderita diabetes.

Kesembilan, Buah Buahan juga akan menjadi cemilan yang baik bagi penderita diabetes. Adanya kandungan serat dan nutrisi baik pada buah-buahan bisa sangat baik bagi tubuh. Namun juga harus memilih buah mana yang cocok untuk kondisi kesehatannya mengingat ada banyak buah yang memiliki kandungan gula alami layaknya melon atau apel. Buah-buahan yang ditambah dengan sedikit irisan keju bisa menjadi cemilan yang enak sekaligus sehat bagi penderita diabetes.

Nah, dari bahan bahan tersebut bisa membuat berbagai aneka cemilan manis dan sehat bagi penderita diabetes. Selamat mencoba, (Mar/Berbagai macam sumber).

Via Sahabat   

Langganan Artikel

Silahkan masukkan email Anda untuk mendapatkan artikel gratis dan menarik dari situs kesayangan Anda ini. Salam sukses dan bahagia untuk Anda dan Keluarga.

One thought on “9 Kudapan Paling Sehat dan Aman Untuk Penderita Diabetes

  1. terkadang orang yang menderita diabetes harus berhati” dalam mengonsumsi makanan, karena takut gula darahnya akan bertambah tinggi. seperti keponakan aku yang sangat menjaga makanan yang akan dimakan dan mengurangi nasi. ternyata nasi bisa diganti dengan ubi jalar atau oatmeal ya untuk penderita diabetes dan bisa mengonsumsi kayu manis untuk menurunkan gula darahnya.

Comments are closed.