8 Jenis Olahraga Paling Cepat Mengurangi Kalori Makanan

Salahsatu masalah yang sering dihadapi masyarakat sekarang adalah banyak makanan junk food yang menyebabkan seseorang obesitas. Padahal, orang yang memiliki berat badan berlebih, maka akan sangat rentan terserang penyakit.

Oleh sebab itu mari ubah pola makan dengan olahraga teratur. Ada sejumlah olahraga yang dapat mengurangi kalori agar berat badan menjadi ideal. Adapaun olahraga yang membakar kalori super banyak itu antara lain.

Pertama, Bersepeda (membakar 950 kalori/1 jam). Bagi Anda yang suka mengkonsumsi makanan lebih dari 950 kalori dalam sehari, maka olahraga yang satu ini cocok untuk Anda mengurangi kalori. Bersepeda merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dari 850 kalori hingga sebanyak 1000 kalori dalam satu jam. Diyakini bahwa dengan melakukan kegiatan bersepeda selama satu jam, seorang wanita dengan berat badan 72 kg mampu membakar kalori sekitar 850 kalori. Untuk pria sendiri jumlah kalorinya jauh lebih besar yakni 950 kalori.

Pembakaran kalori pada olahraga bersepeda dapat terjadi karena olahraga ini dapat membakar timbunan lemak melalui proses oksidasi sehingga mampu menghasilkan energi. Proses pembakaran ini sangat ditentukan oleh beban kayuhan sepeda dan jarak yang ditempuh.

Bahkan jumlah kalori yang dibakar selama 30 menit dengan bersepeda hampir setara dengan melakukan olahraga jogging selama 20 menit. Selain itu kegiatan pendukung dalam kegiatan bersepeda adalah meminum air putih yang penuh dengan mineral baik itu ketika bersepeda maupun setelahnya.

Kedua. Lompat tali (membakar 850 kalori/1 jam). Lompat tali ini juga diyakini merupakan salahsatu olahraga membakar kalori paling banyak. Adapun kalori yang dibakar sebanyak 750 kalori pada wanita dan 850 kalori pada pria dalam satu jam.

Lompat tali mampu membakar kalori karena dalam prosesnya melibatkan otot yang ada pada tubuh. Selain itu, lompat tali juga merupakan latihan kardio yang bisa membantu untuk pembakaran lemak. Bahkan lompat tali selama 10 menit hampir setara dengan jogging 8 menit permil.

Ketiga. Berenang (membakar kalori 840/1 jam). Berenang merupakan olahraga yang banyak disukai oleh orang-orang karena olahraga ini tidak mengeluarkan keringat. Kalori yang dapat dibakar olahraga ini adalah sebanyak 720 kalori pada wanita dan 840 kalori pada pria dalam satu jam.

Jika pada kegiatan ini seseorang pernah merasakan lapar setelah berenang ini adalah salahsatu bukti bahwa olahraga berenang dapat membakar kalori. Saat berenang, tubuh akan terasa susah untuk bergerak karena berada dalam air. Tentu saja, energi yang dibutuhkan sangat tinggi sehingga pembakaran kalori dapat terjadi. Berenang bisa dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu bagi pemula sedangkan bagi yang terbiasa dapat dilakukan sebanyak mungkin sesuai dengan kemampuan.Keempat. Lari (membakar 748 kalori/1 jam). Olahraga yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa bantuan alat adalah lari. Olahraga ini ternyata sangat cepat membantu membakar kalori dalam tubuh. Setidaknya Anda dapat membuang 748 kalori dalam 1 jam lari. Lakukanlah lari minimal 3 kali dalam satu minggu pada pagi hari.

Kelima. Aerobik (membakar 680 kalori/1 jam). Aerobik merupakan olahraga favorit yang bisa dilakukan untuk membakar kalori, karena olahraga ini sangat dinamis dan menyenangkan. Olahraga Aerobik ini mampu membakar kalori sebanyak 680 kalori dalam satu jam untuk para wanita. Olahraga ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Aerobik banyak melibatkan anggota tubuh seperti kaki, tangan, leher, perut, pinggul dan lain-lain. Untuk melakukan Aerobik pada tingkat pemula, maka intensitas rendah merupakan hal ideal untuk dilakukan. Jika ingin menurunkan berat badan, maka latihan Aerobik harus dilakukan kurang 45 menit sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Keenam. Hula Hoop (membakar 500 kalori/1jam). Hula Hoop juga merupakan kegiatan menyenangkan bagi Anda yang sudah terbiasa dari kecil melakukan hal ini maka hal ini akan mudah untuk rutin olahraga. Alat yang mudah diputar siapa sangka bisa membakar kalori sekitar 600 dan cukup tinggi untuk membuat tubuh Anda menjadi langsing dengan cepat.

Ketujuh. Zumba (membakar 550 kalori/1 jam). Olahraga yang satu ini memang sedang banyak digemari oleh anak muda, selain menyenangkan zumba bisa membakar 400-700 kalori dalam 1 jam. Zumba merupakan olahraga yang dapat membakar kalori karena olahraga ini bersifat tarian. Sehingga lemak-lemak yang ada pada tubuh dapat terbakar.

Kedelapan. HIIT (Hight Intensity Interval Training). HIIT juga dikenal sebagai High Intensity Interval Training. Para ahli kebugaran menjelaskan jenis olahraga ini sangat direkomendasi bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan. Olahraga HIIT merupakan gerakan selama 20 detik dimana Anda berlatih secara intens lalu istirahat, begitu seterusnya. HIIT juga bermanfaat untuk meningkatkan denyut jantung, otot dan melatih tubuh.

Dari semua olahraga yang bisa Anda lakukan jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Selamat mencoba..(Mro/Berbagai Sumber), Via Sahabat

Langganan Artikel

Silahkan masukkan email Anda untuk mendapatkan artikel gratis dan menarik dari situs kesayangan Anda ini. Salam sukses dan bahagia untuk Anda dan Keluarga.

One thought on “8 Jenis Olahraga Paling Cepat Mengurangi Kalori Makanan

  1. wahhh dengan bersepeda kita dapat membakar kalori 950/1 jam. cocok banget yang ingin cepat kurus tetapi idak ingin melakukan olah raga yang terlalu berat. selain menjaga makanan dan juga mencukupi konsumsi air mineral atau air putih agar tetap seimbang. dan jika malas untuk bersepeda bisa lari-lari kecil di pekarangan rumah juga dapat membakar kalori kita walaupun tidak sebanyak jika kita bersepeda ya.

Comments are closed.