8 Cara Melancarkan BAB Secara Alami Tanpa Obat! Wajib Baca

Buang air besar atau BAB merupakan sistem metabolisme penting bagi tubuh. Seringkali ada orang yang mengeluhkan bahwa BAB-nya kurang lancar. Hal ini bisa jadi disebabkan karena pola makan yang salah atau konsumsi serat yang kurang. Beberapa kebiasaan buruk juga bisa menyebabkan susah BAB. Agar BAB lancar, kita dapat mengonsumsi obat tertentu untuk melancarkannya. Akan tetapi, cara melancarkan BAB secara alami tentu banyak dipilih karena relatif tidak menimbulkan efek samping. Selain itu, cara-cara alami ini juga mudah untuk diterapkan.

  1. Pertama, konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat. Termasuk di antaranya adalah sayuran, buah-buahan serta biji-bijian. Yang dapat kita konsumsi antara lain adalah buah pepaya, sayur bayam, kubis, wortel, kacang-kacangan dan aprikot. Di dalam makanan-makanan tersebut tak hanya terkandung banyak serat namun juga vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh, meliputi vitamin A, vitamin C hingga zat besi.
  2. Selain konsumsi sayuran dan buah-buahan, konsumsi pula makanan dari hasil fermentasi sebagai salah satu cara melancarkan BAB. Produk hasil fermentasi ini termasuk yoghurt. Bakteri yang terkandung dalam yoghurt akan membantu menyeimbangkan mikroflora di dalam usus sehingga bagus dalam membantu melancarkan pencernaan.
  3. Berikutnya, konsumsi pula makanan dengan kandungan minyak sehat di dalamnya. Kita bisa mencampurkan minyak zaitun atau minyak ikan dengan sayuran atau buah-buahan yang ada dalam menu sehari-hari. Ini akan membantu mengatasi sembelit tanpa menggunakan obat khusus seperti obat pencahar.
  4. Di samping konsumsi makanan-makanan di atas, jangan lupa pula untuk banyak mengonsumsi air putih. Air putih akan membantu dalam melunakkan feses agar cepat keluar. Air putih yang cukup juga menghindari tubuh dari bahaya kekurangan cairan yang dapat menyebabkan sembelit.
  5. Kurangi konsumsi kafein yang ada dalam teh, kopi dan minuman bersoda akan membantu melancarkan BAB. Tubuh dapat mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan apabila terlalu banyak mengonsumsi kafein. Jadi, daripada mengonsumsi teh, kopi ataupun minuman bersoda, akan lebih baik apabila kita menggantinya dengan konsumsi air putih saja yang lebih sehat.
  6. Cara melancarkan BAB juga termasuk olahraga secara teratur. Tidak perlu melakukan olahraga berat dan mahal di pusat kebugaran. Cukup lari pagi atau jogging saja sudah cukup untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Olahraga cukup akan merangsang kerja otot di dalam usus agar feses dapat keluar cepat.
  7. Kebiasaan duduk terlalu lama ternyata tidak baik bagi kesehatan karena bisa menyebabkan sembelit. Oleh karena itu, biasakan untuk tidak duduk dalam waktu lama. Sesekali berdirilah dan lakukan beberapa gerakan ringan agar kita terhindar dari sembelit.
  8. Kalau bisa, usahakan untuk buang air besar setiap hari. Lakukan agar hal ini menjadi kebiasaan kita sehari-hari dan pada akhirnya tubuh akan terbiasa sehingga proses metabolisme dapat menjadi normal.
Simak Juga  Hammer Of Thor: Obat Kuat Alami Tanpa Efeksamping! Super Joss!!

Cara-cara di atas tergolong sangat sederhana dan mudah untuk dipraktekkan. Kita dapat memulainya dengan konsumsi buah serta sayuran segar tiap hari dengan dibarengi konsumsi air yang cukup. Imbangi dengan olahraga teratur serta biasakan untuk tidak duduk dalam waktu yang lama.  Mungkin pada hari-hari pertama kita akan merasa berat melakukannya, akan tetapi apabila telah menjadi kebiasaan, kita akan merasa mudah dalam menjalaninya. Tanamkan dalam pikiran bahwa pola hidup ini lebih sehat serta menjauhkan kita dari berbagai penyakit.

Demikian beberapa cara melancarkan BAB secara alami yang dapat dicoba sehari-hari. Semoga bermanfaat, Salam Sehat dan Bahagia.