6 Obat Keputihan Alami Paling Ampuh Sembuhkan Keputihan Wanita

Keputihan adalah gangguan kesehatan yang alami yang biasa diderita oleh para wanita. Adalah normal apabila wanita mengalami keputihan, tetapi di beberapa kondisi tingkat lanjut keputihan akan berpotensi menjadi sebuah penyakit yang sangat mengganggu bahkan bisa berbahaya.

Tindakan pencegahan tentu saja lebih baik untuk menghindari penyakit yang bisa disebabkan oleh keputihan. Apabila keputihan sudah masuk tahap yang cukup mengganggu maka pengobatan harus segera dilakukan. Pengobatan terhadap keputihan bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obat medis atau dengan cara yang alami. Pengobatan dengan cara alami biasa dilakukan dengan obat-obat tradisional.Pada masyarakat kita sejak dulu telah dikenal obat-obatan alami yang bisa mengobati keputihan diantaranya adalah;

1. Bawang putih

Bawang putih terkandung zat alami yang dapat membunuh bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan infeksi, karena itu bawang putih dikenal sebagai sebuah obat tradisional yang cukup mujarab untuk keputihan. Cara penggunaannya adalah dengan satu siung bawang putih yang telah dikupas dipotong-potong, setelah itu potongan diletakkan diatas vagina sampai semalaman.

2. Kunyit

Kunyit juga dikenal sebagai antibiotik alami sehingga mampu membunuh bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan keputihan. Penggunaannya sangat mudah yaitu 2 potong kunyit, beberapa lembar daun beluntas, buah asam dan sepotong gula aren. Semua bahan tadi direbus dalam air kemudian disaring, minumlah air rebusan tersebut satu gelas satu hari.

3. Daun Sirih

Daun Sirih sudah dikenal umum sebagai bahan untuk membersihkan vagina, serta menghilangkan bau tidak sedap, jadi bahan ini cukup efektif dalam mencegah terjadinya keputihan atau berkembangnya bakteri dan kuman di dalam vagina akibat keputihan.

Air rendaman daun sirih bisa langsung digunakan untuk membasuh vagina, lakukan secara rutin setiap hari, maka vagina akan bersih dan tidak berbau.

Simak Juga  Kumpulan Tanya Jawab Kesehatan Reproduksi Wanita Terlengkap

Bahkan dalam era modern ini banyak obat modern yang berbahan daun sirih, sebagai contoh sabun pembersih kewanitaan dan tisu kewanitaan.

4. Akar Bayam

Akar bayam juga dikenal sebagai anti bakteri sehingga juga dapat menekan pertumbuhan kuman dan bakteri di dalam vagina. Penggunaannya cukup mudah yaitu, bayam dibuat jus dan diminum setidaknya dua kali dalam satu hari.

5. Biji Ketumbar dan Biji Mangga

Biji ketumbar dan biji mangga ini sangat mudah ditemukan di lingkungan kita dan juga bisa menjadi obat alami untuk keputihan.

Biji ketumbar cukup direndam semalam dalam air, dan minum air rendaman ini saat pagi hari sebelum makan.

Untuk biji mangga bisa dibuat serbuk dan dibuat semacam lulur yang dioleskan di area vagina.

6. Akar Mawar

Akar mawar ini diyakini dapat mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh keputihan, caranya akar mawar direbus dengan air dan diminum secara teratur, maka rasa gatal di area vagina akan segera berkurang.

Selain obat-obatan tradisional di atas, masih ada berbagai macam obat tradisional lain yang berupa jamu, atau obat-obatan herbal. Jamu atau obat herbal ini, dikemas sedemikian rupa sehingga mudah digunakan dan komposisinya juga sudah disesuaikan dengan dosis dan kebutuhan yang aman, sehingga sehat untuk dikonsumsi.

Menggunakan obat tradisional jamu atau obat herbal adalah alternatif bagi Anda yang tidak menginginkan obat-obatan medis yang memiliki efek samping yang beragam. Anda bisa mencobanya untuk mengobati masalah keputihan anda. Tetap menjaga kesehatan, dengan berolah raga teratur, makan makanan sehat dan menghindari stres serta tetap berpikir positif adalah pencegahan terbaik dari berbagai masalah kesehatan. Semoga bermanfaat, salam sehat untuk Anda dan keluarga.

One thought on “6 Obat Keputihan Alami Paling Ampuh Sembuhkan Keputihan Wanita

  1. Sri Mariati says:

    Apakah ini efektif untuk semua jenis keputihan?

Comments are closed.