6 Gejala Keputihan Yang Sering Diabaikan Wanita!

Keputihan pada wanita sering kali datang menjelang periode haid, dan ini normal adanya tetapi bagi wanita yang mengalami keputihan tidak normal, gejala keputihan bisa datang kapan saja. Berbagai macam gejala akan timbul sebelum terjadi keputihan, biasanya gejala ini sering diabaikan wanita, sehingga proses terjadinya keputihan sering tidak disadari. Gejala Keputihan ini dapat ditandai dengan beberapa hal berikut.

Gatal pada Vagina

Gejala gatal pada vagina bisa menjadi sebuah tanda terjadinya gejala keputihan. Rasa gatal akan memaksa tangan untuk menggaruknya, dan ini bisa melukai kulit, dan berpotensi terjadi infeksi. Apabila didapati gejala seperti ini hendaknya cepat mengambil tindakan untuk mencegah terjadinya keputihan selanjutnya.

Rasa Panas Pada Vagina

Apabila terjadi keputihan biasanya juga diawali dengan rasa panas pada vagina, dimana rasa ini sungguh mengganggu. Apabila tidak segera ditangani maka rasa ini akan sangat menyiksa dan berdampak buruk pada kondisi keputihan yang semakin parah.

Periode Menstruasi yang Terganggu

Periode menstruasi pada wanita biasanya teratur, dan cenderung konsisten. Apabila suatu saat periode menstruasi terganggu, hal ini bisa mungkin adalah gejala keputihan. Sebenarnya banyak hal yang bisa mempengaruhi periode menstruasi, gejala keputihan adalah salah satunya. Anda harus dengan seksama memperhatikan pola periode menstruasi, apabila menstruasi periodenya berubah secara ekstrim, berarti ada yang tidak beres pada diri anda. Segeralah memeriksakan diri ke dokter, atau segera lakukan langkah pencegahan dengan obat keputihan alami, apabila ternyata hal tersebut disebabkan oleh keputihan.

Bintik Merah Pada Vagina

Apabila timbul bintik-bintik merah pada sekitar area vagina, biasanya juga diiringi dengan rasa gatal dan sedikit panas, bisa jadi ini adalah sebuah gejala keputihan. Bintik merah ini bisa disebabkan oleh virus seperti herpes genital, yang akan muncul saat area genital menjadi terlalu lembab, atau karena tertular oleh orang lain. Jangan menggaruknya karena akan melukai kulit. Sebaiknya segera ditangani dengan pengobatan yang tepat.

Mengeluarkan Cairan yang Berlebihan

Vagina biasa memang selalu mengeluarkan cairan secara alami untuk menjaga kelembabannya, tetapi apabila warna cairan itu tidak normal seperti warna kuning, hijau, bahkan merah, itu artinya kemungkinan akan terjadi keputihan. Juga apabila vagina mengeluarkan cairan yang berlebihan, ini juga salah satu tanda akan terjadi keputihan. Segera kenali kondisi seperti ini, karena kemungkinan besar ada hal yang tidak biasa, kemungkinan adalah gejala keputihan.

Bau Vagina yang Tidak Sedap

Vagina memang memiliki bau alaminya, tetapi apabila sedang terjadi keputihan maka bau ini akan menjadi tidak sedap dan bahkan akan sangat mengganggu. Bau ini disebabkan karena cairan vagina yang terlalu banyak dan lembab, juga karena perkembangan jamur serta bakteri penyakit, yang mengarah kepada penyakit keputihan yang tidak normal.

Keputihan yang normal biasa terjadi pada kondisi-kondisi tertentu, tetapi ketika gejala keputihan sudah semakin ekstrim maka ini sudah mengarah kepada penyakit keputihan yang tidak normal, dan berkecenderungan ke arah penyakit komplikasi lain seperti myom, radang leher rahim bahkan kanker serviks.

Apabila anda menemui gejala-gejala di atas maka segeralah mengambil tindakan pencegahan, supaya gejala keputihan dapat dihindari atau segera diobati. Gunakan metode pengobatan alami, atau konsultasikan ke dokter untuk mengatasi penyakit keputihan yang anda alami. Dengan menjaga kesehatan tubuh secara utuh maka juga dapat membantu tubuh melawan penyakit dari luar termasuk keputihan. Kenali gejala keputihan yang tidak normal, maka anda akan dengan cepat mampu mengatasinya. Semoga bermanfaat! Salam sehat dan bahagia untuk Anda dan Keluarga!