6 Efek Samping Pil KB yang Wajib Diketahui Wanita!

Pil KB merupakan benda kecil yang sangat praktis, mudah, dan sangat jitu untuk menunda kehamilan. Namun disamping manfaat yang didapatkan, pil KB juga menyimpan banyak efek samping yang bisa mengganggu tubuh Anda ketika melakukan aktifitas. Apa saja kah itu? Simak penjelasan berikut.

Siklus Haid Menjadi Tidak Lancar

Efek samping pil KB  yang pertama adalah tidak teraturnya siklus haid. Pendarahan ringan yang terjadi ketika Anda mengkonsumsi pil KB selama 1 hingga 3 minggu pertama. Kadang pendarahan juga muncul ketika Anda lupa meminum pil KB, sehingga pendarahan tersebut membuat siklus haid menjadi berantakan.

Mual-Mual

Wanita yang mengkonsumsi pil KB juga rentan terhadap rasa mual. Efek samping pil KB ini bisa mengganggu aktifitas saat bekerja, terutama ketika Anda bekerja di kantor dengan banyak orang. Maka dari itu, jika efek samping berupa mual sering terjadi, sebaiknya konsumsi pil setelah makan waktu akan tidur di malam hari saja.

Kepala Pusing

Kepala pusing merupakan salah satu efek samping pil KB juga, yang disebabkan oleh rendahnya kandungan estrogen. Pusing ini akan muncul ketika Anda baru mengkonsumsi pil KB, dan rasa pusing tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah 7 hari pemakaian.

Perubahan Emosi

Efek samping pil KB yang berikutnya adalah perubahan emosi yang sering terjadi menjadi tak teratur. Yang awalnya bahagia, tiba-tiba sedih yang berlebihan, kemudian ganti menjadi cepat marah. Kondisi yang seperti ini kadang sering menyerang para wanita yang mudah stres dan mempunyai pekerjaan berat. Jika Anda mengalaminya, sebaiknya Anda berlibur ketika weekend, bisa juga melakukan relaksasi dan meditasi sendiri di rumah.

Nyeri di Payudara

Nyeri di bagian payudara dikarenakan perubahan hormon dari pil KB, sehingga membuat saraf-saraf yang ada di sekitar payudara menjadi lebih kencang, lembut, namun kadang juga berubah-ubah. Itulah efek samping pil KB yang kelima.

Simak Juga  5 Efek Samping Minyak Bulus yang Perlu Anda Waspadai! Sebelum Beli

Berat Badan Naik Drastis

Masalah berat badan juga masuk ke dalam efek samping pil KB. Jika diamati, banyak sekali wanita yang mengalami kegemukan setelah mengkonsumsi pil ini. Masalah ini bisa terjadi setelah mengkonsumsi pil pada periode ketiga setelah mengkonsumsi pil.

Meskipun ada banyak efek samping pil KB, namun benda tersebut sangatlah bermanfaat untuk semua wanita. Cukup minum satu pil saja setiap hari saat pagi, maka alat kontrasepsi ini akan berjalan sesuai dengan fungsinya untuk menunda kehamilan Anda.

Selain sebagai salah satu jenis pilihan dalam ber KB, selain KB Implan, KB Spiral dan Jenis KB lainnya, ternyata pil KB juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada tubuh, khususnya yang berhubungan dengan hormon.

Manfaat tersebut adalah mengatasi jerawat, menurunkan gejala PMS, menghambat pertumbuhan jaringan endometriosis, menurunkan resiko kanker ovarium, dan bisa pula mengatasi sakit kepala sebelah (migrain) saat menstruasi. Semoga bermanfaat! Salam sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!