6 Efek Samping KB Spiral yang Jarang Diketahui Wanita?

Demi mensukseskan program keluarga berencana dari pemerintah Indonesia, metode pencegah kehamilan pun berkembang semakin bervariasi seperti penggunaan kondom, susuk, pil KB, KB Implan hingga pemasangan IUD atau KB spiral. Banyak wanita yang enggan menggunakan KB spiral karena efek samping KB spiral itu sendiri.

Kebanyakan wanita yang menolak menggunakan KB spiral pada umumnya  karena takut infeksi, takut benang spiral lepas atau kurang nyaman dalam berhubungan intim dengan suami. Namun, benarkah KB spiral atau IUD yang menggunakan perangkat plastik dengan bentuk T yang dimasukkan ke dalam rahim akan memiliki efek samping KB spiral seperti yang disebutkan di atas? Berikut ini efek samping KB spiral bagi wanita.

  1. Menimbulkan Rasa Nyeri Berlebih

Wanita yang memakai KB spiral akan merasakan nyeri setelah pemasangan bahkan hingga berjam-jam.

  1. Gangguan Pada Menstruasi

Efek samping KB spiral yang banyak dialami oleh sebagian besar wanita adalah gangguan menstruasi yang berupa perubahan pada siklus haid, darah haid yang banyak, rasa sakit saat haid serta ngeflek pada masa bukan siklus haid.

  1. Perforasi Uterus

Meski jarang terjadi namun KB spiral memang bisa saja terjebak atau menusuk rahim. Jika terjadi, maka KB spiral harus segera dilepas agar tidak membahayakan wanita yang memakai KB ini.

  1. Spiral Terlepas

KB spiral biasa dipasang langsung setelah melahirkan namun juga beresiko lepas saat masa menstruasi tiba.

  1. Radang panggul

Salah satu efek samping KB spiral yang sangat berbahaya adalah terjadinya radang panggul yang diakibatkan oleh pemasangan KB spiral menggunakan alat yang tidak steril. Maka, pastikan anda melakukan pemasangan KB spiral pada dokter yang legal agar aman dan terjamin.

  1. Beresiko Tertular Penyakit Kelamin
Simak Juga  1 Capsule Green World: Obat Kuat Paling Aman Untuk Penderita Hipertensi dan Jantung

Hal ini terjadi pada wanita yang memiliki pasangan lebih dari satu sehingga sangat disarankan tidak memakai alat kontrasepsi jenis IUD ini.

Efek samping KB spiral tersebut memang membuat sebagian besar wanita merasa takut namun KB spiral masih menjadi salah satu jenis KB yang paling aman digunakan dibanding KB hormonal seperti suntik atau mengkonsumsi pil KB yang rawan terjadi kehamilan disebabkan anda lupa meminumnya sesuai aturan.

KB spiral meski memiliki beberapa efek samping seperti yang disebutkan namun juga memiliki manfaat lain seperti KB paling aman dan tidak mempengaruhi kualitas atau volume ASI (Air Susu Ibu), tidak mempengaruhi sistem hormon tubuh serta lebih efektif sebab KB spiral bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama bahkan bisa mencapai angka 10 tahun.

Manfaat pemasangan KB spiral yang paling penting adalah terbukti ampuh mencegah kehamilan hingga tingkat 99%. Hal yang sebanding dengan efek samping KB spiral yang merupakan hal normal dialami oleh semua wanita yang memilih penggunaan alat kontrasepsi jenis ini. Semoga bermanfaat! Salam Sehat untuk Anda dan Keluarga!

2 thoughts on “6 Efek Samping KB Spiral yang Jarang Diketahui Wanita?

  1. Yuyunsujarwoko says:

    Saya ingin tanya..

Comments are closed.