6 Cara Pengobatan Penyakit Kista yang Jarang Diketahui Wanita!

Wanita memang makhluk yang luar biasa kompleks. Mulai dari penampilan dan juga karakteristiknya. Pun demikian dengan kesehatan di bagian rahim atau organ reproduksi wanita. Kesehatan wanita sering diserang di bagian ini. Banyak yang mengalami penyakit miom dan kista karena berbagai faktor. Gejala yang ditimbulkan oleh miom banyak yang tidak tahu karena sulit dibedakan dengan sakit yang biasa diderita wanita. Seperti nyeri saat haid, biasanya hal tersebut wajar saja, namun bisa jadi menjadi sebuah tanda adanya kista bersarang di rahim.

Perlu adanya pengobatan kista yang tepat agar tak mengganggu kesehatan wanita. Berikut ini adalah beberapa pengobatan kista yang baik dan dapat dilakukan.

  1. Pil KB

Pengobatan kista dapat dilakukan dengan memakai pil KB. Pil KB sangatlah berguna untuk menghambat sel telur agar tidak lepas dari rahim. Selain itu pil KB juga bermanfaat untuk mengurangi pendarahan yang sudah sangat berlebihan saat tiba masa menstruasi. Pengobatan kista dengan minum pil KB memang cukup ampuh termasuk mengurangi rasa nyeri yang berlebihan saat  datang menstruasi.

  1. LNG-IUS

Pengobatan kista yang kedua adalah dengan memakai alat yang bernama LNG-IUS. Alat ini berupa alat dari plastik yang berfungsi untuk menghilangkan hormone progesterone yang berupa lenogorgestrel secara perlahan. Alat ini ampuh dalam pengobatan kista yang sudah cukup membesar. Fungsi alat ini juga bisa dibilang alat untuk kontrasepsi. Alat ini sudah tidak akan bekerja lagi kalau tidak dipakai. LNG-IUS juga bisa mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

  1. Asam Traneksamat

Asam traneksamat juga bisa digunakan untuk pengobatan kista. Namun asam traneksamat tak bisa digunakan untuk alat kontrasepsi. Jadi anda tetap bisa hamil. Alat ini berfungsi agar darah dalam rahim bisa menggumpal.

  1. Progesteron Suntik

Alat ini bisa menjadi obat kontrasepsi. Fungsinya adalah mencegah dinding rahim agar tidak menggumpal. Progesterone suntik juga membantu agar darah haid tidak berlebihan saat terjadinya menstruasi.

  1. Temu Putih

Obat alami temu putih juga bisa digunakan untuk pengobatan kista. Temu putih ini bisa direbus dengan 4 gelas air. Kemudian kalau airnya sudah sampai 2 gelas bisa diminum. Rutin minum air ini bisa meminimalisir kista.

  1. Daun Sirsak

Daun sirsak adalah daun yang sudah sangat terkenal bisa menghancurkan sel-sel kanker. Termasuk daun sirsak juga bisa dihilangkan dengan cara minum rebusan air daun sirsak. Caranya sangat mudah sekali, 15 lembar daun direbus bersama 5 gelas air. Setelah air tinggal 2 gelas, angkat dan minum selagi hangat.

Pengobatan kista ada banyak cara. Yang paling terpenting adalah mendeteksi dini agar tidak semakin parah. Bagi anda yang suka gaya hidup kurang sehat, sekarang ubah pola hidup anda. Semoga bermanfaat! Salam Sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!