5 Langkah Mudah Mencegah Penyakit Miom Sebelum Membesar!

Miom adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh hormone estrogen. Hormone ini bisa memicu tumbuhnya miom pada bagian kandungan. Memang miom adalah salah satu penyakit yang mengganggu organ reproduksi wanita.

Tanda-tanda miom memang tak terlalu kentara sehingga banyak wanita mengetahui setelah miom menjadi ukuran yang jauh lebih besar. Untuk tanda-tanda miom memang sulit dibedakan, apakah miom atau hanya sakit biasa. Dengan mendeteksi penyakit secara lebih dini, tentunya jauh lebih baik daripada saat sudah menjadi miom berukuran besar. Berikut ini adalah antisipasi dari tanda-tanda miom yang dapat dilakukan sedari dini:

Memeriksakan Kandungan Bila Nyeri Berlebihan

Tanda-tanda miom salah satunya adalah rasa nyeri yang sangat luar biasa ketika menstruasi. Ketika nyeri menstruasi dirasa tidak wajar, tidak ada salahnya untuk memeriksakan ke dokter kandungan yang terpercaya. Sebab kandungan memang sangat riskan terhadap berbagai penyakit reproduksi seperti miom dan kista. Nyeri bisa terjadi selagi menstruasi maupun sebelum menstruasi.

Memakan Buah Segar Agar Tidak Terjadi Konstipasi

Konstipasi merupakan salah satu gangguan pencernaan yang bisa mengakibatkan kurang lancarnya pencernaan. Pencernaan yang kurang baik akan menimbulkan susah buang air besar. Bisa jadi bagi wanita yang mengalami konstipasi merupakan bagian tanda-tanda miom yang harus diwaspadai. Konstipasi ini bisa dicegah dengan makan buah agar serat mencegah datangnya miom.

Memakai Pil KB

Pil KB merupakan salah satu jalan untuk menyembuhkan miom. Miom juga termasuk penyakit yang bisa dikenali dengan tekanan di bagian panggul. Anda yang mengalami tanda-tanda miom tersebut, lebih baik untuk segera berkonsultasi ke dokter. Yang terpenting adalah anda selalu waspada dengan tanda-tanda miom yang anda rasakan. Cara yang paling mudah untuk mengantisipasi miom dengan memakai pil KB. Pil bisa mengatur hormone estrogen.

Tidak Terlalu Banyak Memakan Ayam Potong

Ayam broiler atau ayam potong memang memiliki rasa yang enak saat dimasak dengan berbagai resep. Namun anda yang perempuan patut waspada, sebab ayam potong yang dikonsumsi terlalu banyak dan sering akan memicu tanda-tanda miom. Miom sangat dekat dengan hormone estrogen, sedangkan ayam potong memiliki hormone tersebut yang berasal dari sentrat yang tentu tidak baik bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Tidak Memakan Junk Food Berlebihan

Junk food atau makanan cepat saji tentunya memiliki cita rasa gurih serta penyajian yang sangat cepat. Namun kalau anda mengonsumsi tiap hari juga tidak baik bagi rahim atau organ reproduksi. Maka mulai sekarang makan yang sehat-sehat saja.

Adapun jika nanti ada tanda-tanda miom seperti rasa nyeri saat berhubungan intim, saat haid, disarankan untuk langsung cek kesehatan di dokter atau rumah sakit terdekat. Semoga Bermanfaat.

Salam Sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!