5 Gejala Miom Yang Jarang Diketahui Wanita!

Miom merupakan salah satu penyakit yang timbul karena gangguan di daerah rahim. Gejala miom merupakan salah satu tanda penyakit miom bersarang di dalam rahim. Dari ciri-ciri miom tersebut, tentunya dapat diwaspadai dan juga segera ditangani agar tidak semakin merembet ke penyakit yang lebih ganas.

Maka dari itu adanya tanda atau ciri-ciri miom, dapat dilakukan penanganan sejak dini. Namun sayangnya banyak wanita yang tak mengerti apa tanda miom, dan gejala yang dirasakan benarkah ciri tersebut berupa tanda miom atau bukan?

Langsung saja simak gejala-gejala atau ciri-ciri miom yang harus anda ketahui:

Sakit Saat Berhubungan Intim

Saat sedang berhubungan dengan suami, ciri-ciri miom dapat ditandai dengan rasa sakit. Rasa sakit ini karena bagian rahim mengalami kontraksi akibat adanya miom. Rasa sakit tersebut berupa rasa nyeri yang membuat hubungan seksualitas menjadi tidak nyaman. Kalau selama ini merasa sakit saat berhubungan seks, coba segera diperiksakan ke dokter. Apakah rasa sakit tersebut memang hanya reaksi seks, atau memang adanya miom di kandungan anda.

Terjadi Keguguran

Ketika sudah positif hamil serta mengalami keguguran, anda harus mewaspadai miom. Pasalnya ciri-ciri miom salah satunya adalah terjadi keguguran. Bayi yang ada di kandungan tidak tumbuh dengan baik akibat adanya miom yang membuat pertumbuhan tidak normal. Kalau sudah terjadi keguguran, segera periksakan ke dokter ahli kandungan agar  tidak terjadi keguguran lagi. Miom bisa jadi menjadi penyebab keguguran tersebut.

Nyeri di Pinggul

Satu lagi ciri-ciri miom yakni rasa nyeri di pinggul. Rasa nyeri tersebut merupakan bagian dari adanya miom. Miom dapat memberikan  efek sakit pada pinggul.

Sembelit

Sembelit juga merupakan bagian yang bisa menjadi dari ciri-ciri miom. Sembelit mengakibatkan perut menjadi penuh dan tentu rasanya tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, lebih baik dengan cara makan buah-buahan segar dan makanan dengan serat tinggi. Namun kalau tak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter.

Nyeri Hebat Saat Menstruasi

Salah satu tanda yang mudah diidentifikasi adalah rasa nyeri yang sangat hebat saat menstruasi. Ketika menstruasi, hari pertama dan kedua memang sangat nyeri. Namun kalau setiap bulan merasakan sakit yang luar biasa tersebut, anda juga perlu waspada. Takutnya hal tersebut merupakan ciri-ciri miom. Miom memang membuat haid terasa lebih sakit daripada sebelumnya.Jadi ketika haid tiap bulan sering nyeri hebat, lebih baik ditanyakan ke dokter spesialis kandungan. Selain itu darah menstruasi keluar sangat banyak dalam waktu berhari-hari itu bisa jadi bagian dari ciri-ciri miom.

Kelima ciri-ciri miom di atas sebaiknya anda waspadai. Sebab kalau anda waspada sejak dini tentu ukuran miom masih kecil dan bisa segera ditangani agar tidak membahayakan. Semoga bermanfaat! Salam Sehat untuk Anda dan Keluarga!