5 Efek Samping Kunyit yang Tidak Disadari Banyak Orang

Saat ini kunyit tentu sudah umum digunakan oleh sebagian besar masyarakat. Tak hanya sebagai campuran dalam bumbu masakan, kunyit juga bisa diracik menjadi obat tradisional yang keberadaannya telah digunakan sejak dahulu. Banyak juga masyarakat percaya bahwa kunyit sangat berguna dalam meringankan suatu penyakit.

Perlu diketahui bahwa curcumin yang ada pada kunyitlah yang berperan dalam memberikan manfaat, khasiat warna maupun rasa dari kunyit tersebut. Sehingga tak heran, jika masyarakat telah mengkonsumsinya sejak dahulu sebagai obat-obatan tradisional.

Beberapa manfaat kunyit yang bisa Anda peroleh apabila mengkonsumsinya yaitu dapat digunakan sebagai anti oksidan, membantu pencernaan lemak, melindungi hati dan masih banyak lagi. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan tubuh sehingga saat mengkonsumsinya tidak akan mendapatkan efek samping. Namun apa yang terjadi jika seseorang mengkonsumsi kunyit dalam jumlah yang berlebih?

Berikut beberapa efek samping kunyit bagi seseorang yang mengkonsumsinya dengan jumlah yang berlebihan.

  1. Memicu gangguan lambung

Kunyit memiliki sifat pedas yang suatu waktu bisa saja mengakibatkan gangguan lambung apabila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan bahkan jangka panjang. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi efek samping kunyit sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak.

  1. Sulit diserap oleh tubuh

Siapa yang tahu ternyata kunyit yang memiliki banyak manfaat sebagai obat tradisional ini apabila dikonsumsi secara berlebih justru cenderung susah diserap oleh tubuh. Sangat dianjurkan agar mengkonsumsi kunyit dalam takaran yang tepat agar Anda bisa menghindari adanya efek samping kunyit tersebut.

  1. Membahayakan janin

Apabila Anda sedang menyusui ataupun hamil, maka aman-aman saja jika mengkonsumsi kunyit sebagai bumbu dalam masakan. Namun berbeda halnya, jika Anda mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen atau obat berbahan dasar kunyit. Hal ini dikarenakan kunyit mampu merangsang rahim untuk memasuki siklus haidnya. Efek samping kunyit tersebut otomatis akan berbahaya bagi janin yang sudah berkembang di dalam rahim.

  1. Memicu terjadinya pendarahan
Simak Juga  Obat Kuat Imogen M: Khasiat, Efek Samping, Cara Minum, Testimoni, Harga

Perlu diketahui bahwa memang sebenarnya kunyit mampu mencegah penggumpalan dalam darah dengan begitu ia justru bisa memicu terjadinya pendarahan. Bahkan bagi orang yang mengalami pendarahan mengkonsumsi kunyit dapat menyebabkan bertambahnya pendarahan sehingga kunyit perlu dihindari. Dengan begitu Anda tidak akan mendapati adanya efek samping kunyit berupa pendarahan yang lebih deras jika salah satu bagian tubuh terdapat luka.

  1. Menurunkan efek kemoterapi

Peneliti menyebutkan bahwa kunyit dapat mempengaruhi penurunan efek kemoterapi, sehingga bagi seseorang yang sedang menjalankan kemoterapi lebih baik tidak menggunakannya sama sekali. Dengan begitu efek samping kunyit tidak akan mempengaruhi kemoterapi.

Itulah beberapa efek samping kunyit apabila Anda mengkonsumsinya dalam jumlah atau takaran yang berlebihan. Agar tidak terjadi hal itu, maka berhati-hatilah dalam mengkonsumsi  kunyit. Hindari penggunaan yang berlebih yang hanya akan menimbulkan efek samping. Semoga bermanfaat, salam sehat dan bahagia untuk Anda dan keluarga!

@admin www.jamuku.com