5 Efek Samping Buah Bit Yang Perlu Anda Waspadai!

Buah bit merupakan jenis umbi-umbian yang kaya akan nutrisi. Ada lebih dari 10 jenis nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti Vitamin A, B6, C, kalsium, magnesium, dan lain sebagainya. Buah bit bisa diolah menjadi beragam kudapan untuk mendapatkan khasiatnya. Mulai dari sup, salad, pewarna alami kue, hingga jus. Sayangnya, meskipun kaya akan nutrisi, ternyata buah ini tetap menyimpan efek samping. Apa saja efek samping buah bit? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Beeturia

Efek samping buah bit yang pertama adalah menyebabkan kondisi beeturia. Kondisi ini merupakan akibat dari konsumsi buah bit yang terlalu sering. Misalnya mengkonsumsi jus buah bit. Air seni yang kita keluarkan akan memiliki warna yang sama dengan warna buah bit yang dikonsumsi. Meskipun bukan efek samping yang membahayakan, kondisi ini cukup membuat kita terkejut. Jadi konsumsilah buah bit dalam batas yang wajar saja.

Kurang Bersahabat Bagi Penderita Batu Ginjal

Bagi penderita batu ginjal, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah bit. Buah bit juga mengandung oxalate yang kurang baik untuk penderita batu ginjal. Oxalate merupakan senyawa yang berbentuk kristal dalam ukuran kecil. Kristal kecil tersebut mengandung mineral dan garam yang biasa ditemukan di dalam urine. Sehingga efek samping buah bit dapat memperparah penyakit batu ginjal.

Pita Suara Terganggu

Efek samping buah bit selanjutnya adalah dapat menyebabkan gangguan suara. Efek samping ini memang sangat jarang terjadi, hanya sebagian orang yang alergi dengan kandungan di dalamnya. Sebaiknya campur umbi merah ini dengan buah atau sayur lain. Sehingga kita bisa terhindar dari efek samping ini. Jadi kita tidak perlu khawatir berlebihan dengan efek samping buah bit yang satu ini.

Menurunkan Tekanan Darah Secara Drastis

Buah bit juga berkhasiat menurunkan tekanan darah. Namun, bagi penderita hipertensi, wajib memperhatikan konsumsi buah ini. Efek samping buah bit yang kurang baik adalah dapat menurunkan tekanan darah secara drastis. Penurunan tekanan darah secara drastis tersebut justru dianggap kurang baik. Jadi berhati-hatilah dalam mengkonsumsinya.

Demam

Buah bit juga bisa menyebabkan kita merasakan demam. Efek samping buah bit yang satu ini bisa terjadi akibat reaksi detoksifikasi maupun alergi. Setelah kita mengkonsumsi buah bit, kita bisa merasakan demam dan ruam sebagai tanda proses pembuangan racun dalam tubuh. Selain itu, tidak tertutup kemungkinan sebagian orang juga alergi pada buah ini. Sebaiknya periksa atau konsultasi ke dokter untuk mengetahui munculnya demam tersebut. jika memang alergi, bisa menghentikan konsumsi buah ini.Meskipun buah bit memiliki efek samping, buah ini tetap kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Agar mendapatkan manfaat buah ini, sebaiknya lebih bijak dalam mengkonsumsi. Semoga bermanfaat! Salam sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!

Langganan Artikel

Silahkan masukkan email Anda untuk mendapatkan artikel gratis dan menarik dari situs kesayangan Anda ini. Salam sukses dan bahagia untuk Anda dan Keluarga.