5 Efek Samping Bawang Putih yang Wajib Anda Ketahui!

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur andalan para ibu-ibu untuk menyulap setiap makanan menjadi lebih lezat. Tidak hanya sebagai bumbu ajaib saja, bawang putih dengan kandungan bahan kimia biologis dipercaya mampu memberikan berbagai macam khasiat untuk kesehatan tubuh seperti antioksidan, antibiotik dan berbagai vitamin. Namun sayangnya, tidak semua kandungan bawang putih mendatangkan manfaat.

Berikut ini beberapa efek negatif yang ditimbulkan akibat berlebihan mengkonsumsi bawang putih:

Menyebabkan Tekanan Darah Rendah

Bawang putih sangatlah efektif untuk dapat menurunkan tekanan darah. Akan tetapi untuk orang-orang dengan tekanan darah rendah, sebaiknya dapat menjaga konsumsi bawang putih supaya tidak berlebihan. Hal ini untuk mencegah penurunan tekanan darah yang terlalu rendah.

Perdarahan yang Berlebihan

Salah satu efek samping dari bawang putih adalah dapat mengakibatkan perdarahan yang cukup panjang. Maka dari itu, beberapa pasien yang akan menjalani operasi biasanya dilarang mengkonsumsi bawang putih. Supaya ketika proses operasi berlangsung pasien terhindar dari perdarahan panjang yang membahayakan jiwanya.

Bau Badan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa orang-orang yang mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan memiliki aroma tubuh tidak sedap. Kandungan di dalam bawang putih membuat keringat yang dikeluarkan tubuh menjadi lebih bau.

Bau Mulut

Tidak hanya bau badan saja ternyata, bawang putih juga membuat bau mulut tidak sedap. Aroma dari bawang putih yang keluar dari mulut tersebut, seringkali membuat orang menjadi tidak nyaman saat sedang berkomunikasi. Maka sebaiknya setelah mengkonsumsi bawang putih segera menyikat gigi.

Memberikan Rasa Perih

Meski kandungan antioksidah di dalam bawang putih cukup banyak dan sangat baik untuk menyembuhkan luka. Saat menempelkan bawang putih pada bagian yang terluka dapat langsung menimbulkan rasa perih luar biasa. Oleh karena itu, saat akan menggunakan bawang putih sebagai obat penyembuh luka, Anda harus bersiap terlebih dahulu untuk menahan rasa perih tersebut.
Itulah tadi beberapa efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan bawang putih sebagai alternatif pengobatan. Sebaiknya kita mengkonsumsi bawang putih tidak berlebihan agar terhindar dari beberapa penyakit diatas. Semoga bermanfaat

Simak Juga  Blumen Nasa Obat Kuat: Bahan, Manfaat, Efek Samping, Testimoni, Cara Pakai, Harga!

Salam Sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!