5 Bahaya Perut Buncit Jika Dibiarkan Lebih Dari Setahun!

Perut seseorang menjadi buncit karena adanya lemak berlebih pada perut. Lemak perut yang menumpuk dalam perut terdiri dari dua macam, yaitu lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan merupakan lemak yang berada dibawah kulit, sedangkan lemak viseral berada dalam tubuh.

Dari kedua lemak tersebut, lemak viseral merupakan lemak dalam tubuh yang sangat berbahaya. Yaitu Lemak yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan lemak ini-lah sulit sekali dihilangkan.

Oleh karena itu, cara mudah mengetahui, apakah Anda termasuk orang yang memiliki lemak viseral yaitu dengan cara mengukur lingkar perut. Untuk pria normal memiliki lingkar perut dibawah 90cm, sedangkan untuk perempuan memiliki lingkar perut dibawah 80cm. Dan apabila Anda memiliki lingkar perut diatas batas normal, maka dapat diambil simpul Anda mengalami obesitas sentral.

Untuk Anda yang mengalamai obesitas sentral perlu mewaspadai beberapa penyakit yang bakal timbul akibat lemak viseral yang menumpuk. Inilah beberapa efeksamping yang dapat ditimbulkan oleh lemak viseral dalam tubuh.

Penyakit Jantung dan Stroke

Lemak yang mengendap dalam perut akan mengelurkan senyawa sitokin. Senyawa ini terkait dengan inflamasi yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Prosesinya, saat inflamasi terjadi, liver akan memproduksi kolesterol dan toksin toksin lain sehingga akan membentuk plak pada pembuluh arteri. Plak ini-lah yang akan menjadi penyebab terjadinya serangan jantung dan stroke.

Kolesterol Tinggi

Meningkatknya lemak dalam darah dan tubuh menghasilkan kolesterol. Prosesinya, lemak dalam perut melepaskan substansi yang mengandung asam lemak bebas dan kemudian terbawa ke hati. Maka kemudian, terjadilah peningkatan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL).

Hipertensi

Timbulnya hipertensi karena sel sel lemak yang ada pada perut memproduksi jenis protein yang menyumbat pembuluh darah. Proses lain yang menyebabkan terjadinya hipertensi adalah lemak retroperioneal fat yang mengganggu kerja ginjal. Jika organ ginjal terganggu, maka akan menyebabkan tekanan darah.

Depresi

Seseorang yang memiliki kadar lemak perut berlebih memungkinkan terkena serangan depresi. Sebagaimana release sebuah penelitian yang dilakukan oleh Boston University School of Medicine. Bagaimana kaitan lemak dengan depresi hingga dapat menyebabkan seseorang terkena depresi.  Prosesinya adalah lemak memiliki hubungan dengan system kerja hormon; hormon serotin, galanin, dan neurotransmitter yang terdapat pada otak. Korelasi hubungan inilah, yang mengaitkan antara depresi dengan lemak berlebih dalam tubuh seseorang.

Diabetes Mellitus

Lemak berlebih pada tubuh memiliki andil besar dalam mempengaruhi metabolisme tubuh. Metabolisme yang terganggu akan menimbulkan gangguan sistem, sehingga seseorang akan cenderung mudah lapar dan haus. Akibatnya seseorang memiliki nafsu makan yang berlebih. Jika nafsu makan berlebih ini tidak dapat dikendalikan, maka dapat menimbulkan produksi insulin yang kemudian mengubah kalori dalam tubuh berlebih menjadi lemak. Prosesi ini akan terus berulang, sehingga lemak dalam perut akan terus bertambah. Hal inilah yang akan memicu terjadinya diabetes mellitus.

10 Penyebab terjadinya Lemak Perut

Pola dan gaya hidup seseorang menimbulkan terjadinya lemak perut berlebih dalam tubuh. Inilah sepuluh pola hidup yang menyebabkan lemak tubuh berlebih;

  1. Konsumsi makanan cepat saji
  2. Makan dengan berlebihan
  3. Makan dengan kadar gula dan pemanis buatan berlebih
  4. Pola makan yang tidak teratur
  5. Konsumsi makanan yang dominan dengan kandungan gas tinggi
  6. Ngemil berlebihan di malam hari
  7. Minuman keras dan alkohol
  8. Tidur setelah makan
  9. Kurang berolahraga
  10. Kebiasaan duduk terlalu lama

Dari penjelasan dan bahaya diatas, maka ada baiknya Anda mulai menjaga kesehatan dan memperhatikan lemak berlebih dalam tubuh dengan tetap menjaga gaya hidup, kebiasaan sehari hari dan segera mencari solusi alami agar perut Anda tidak buncit. Semoga bermanfaat, salam sehat untuk Anda dan Keluarga. Tetap Semangat!