4 Manfaat Senyum dan Tertawa Yang Tidak Diketahui Orang!

Senyum, kata yang sederhana tetapi masih banyak diantara kita yang belum melakukan aktivitas ini. Senyum yang dimaksud bukan berarti senyum-senyum sendiri, namun senyum keramahan yang kita berikan kepada orang lain. Banyak diantara kita melihat bahwa kegiatan senyum dengan keramahan hanya merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sebuah lembaga atau institusi pelayanan, misalnya perbankan atau jasa lainnya. Memang, benar pemahaman ini, bahwa selayaknya-lah lembaga atau institusi publik dalam melakukan pelayanan harus mengedapankan “senyum ramah” kepada para customer-nya, dengan tujuan agar para customer nyaman dan dilayani sepenuh hati.

Nah, kini mari kita luruskan dan kita gali kembali tentang aktivitas senyum untuk kita yang tidak bekerja di pelayanan publik. Senyum adalah sesuatu yang gampang-gampang sulit dilakukan oleh orang. Faktanya, kita masih banyak melihat orang-orang di sekitar kita, tidak semuanya melakukan senyum keramahan kepada diri kita atau kepada orang lain. Dan atau sebaliknya, kita sendiri kadang juga masih tidak mau melakukan senyum ramah kepada orang lain.

Secara umum, orang yang tidak mau atau tidak “murah senyum” di dalam pikiran dan hatinya sedang tidak mood, baik karena ada beban pikiran maupun ada masalah yang sedang melanda. Namun, ada juga karakteristik seseorang yang memang berat sekali untuk melakukan senyum, dia tidak murah senyum tapi juga tidak cemberut.

Ada lagi fenomena yang lain, yaitu orang yang menyengaja untuk tidak mau atau tidak gampang memberikan senyum. Fenomena ini, biasanya melanda pada orang-orang yang mencoba menjaga “wibawa”-nya. Umumnya dilakukan oleh para bos atau atasan pada sebuah institusi baik swasta maupun pemerintah. Dengan gaya, sok tidak mudah senyum kepada anak buahnya atau rekanan-nya, ia berharap, dapat terlihat berwibawa di mata mereka.

Satu hal lagi, bahwa karakteristik senyum itu bisa kita ciptakan sendiri, semua tergantung dari kemauan dan dari berbagai sudut pandang kita. Jika kondisi mood kita pas tidak baik, tentu kegiatan senyum ini agak berat, apalagi bagi mereka yang punya karakteristik “judes”, woo..berat banget rasanya untuk melakukan senyum.

So mulai mulai detik ini, setelah Anda mengetahui manfaat yang luar biasa dari kegiatan senyum itu. Maka, ciptakanlah kegiatan senyum ramah (kondisional) kepada orang lain.

Adapaun senyum ramah atau senyum lepas (tanpa beban) mempuyai dampak positif yang luarbiasa bagi kesehatan kita. Sebuah terapi alami yang dianugerahkan Tuhan sejak kita lahir.

Bahkan dalam literatur Islam kegiatan senyum merupakan Sunnah. “…senyum kepada saudaramu merupakan sedekah,…”. Dari kajian ini senyum itu sendiri adalah sedekah. Berarti senyum memiliki kedudukan cukup mulia. Dari berbagai penelitian tentang manfaat senyum didapati khasiat senyum yang menakjubkan untuk kesehatan kita.

Manfaat Tersenyum Untuk Kesehatan 

Pertama, senyum yang ikhlas dapat menghindarkan penyakit kardiovaskular. Kardiovaskular adalah penyakit gangguan jantung dan pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular yang terkenal adalah tekanan darah tinggi dan stroke. Senyum dapat menghasilkan endorphin oleh otak, yang fungsinya melebarkan pembuluh darah dan menghambat epinephrine. Dimana epinephrine yang tinggi di dalam tubuh menimbulkan penyempitan pembuluh darah dan merangsang gerak jantung lebih cepat dan menyebabkan tekanan darah tinggi, sehingga berdampak timbulnya penyakit stroke.

Kedua, senyum juga membantu mengatasi sembelit (susah BAB). Saat pagi hari gerak peristaltik usus masih lambat, dengan senyum akan merangsang gerak usus yang ditimbulkan oleh tersenyum.

Ketiga, tersenyum membuat orang rileks, perasaan menjadi lega. Kondisi ini membuat orang bahagia dan menurunkan tingkat stres.

Empat, ketika orang resah, gelisah atau marah menyebabkan kehilangan banyak kalium akibat kontraksi otot. Orang terkena hipokalemia ( kadar kalium rendah dalam darah ), hal ini berakibat buruk pada sistem yang ada dalam tubuh. Sedangkan mereka yang tersenyum akan merileksasikan otot, sehingga mereduksi pengeluaran kalium lebih banyak.

Kini saatnya Anda harus senyum ramah dan good bye cemberut dan sewot. Itung-itung senyum belum dilarang .wkwkwkkwkwk. Semoga bermanfaat, salam sehat dan bahagia untuk Anda dan keluarga. Tetap semangat

@admin www.JamuKu.com Toko Jamu Herbal Terpercaya