4 Macam Jenis Kista Ganas yang Wajib Diketahui Wanita!

Kista adalah suatu penyakit yang menjadi momok yang menakutkan bagi para wanita. Sering kali wanita mengalami ketakutan jikalau terkena kista. Selain bisa memengaruhi kesuburan ovarium, kista akan membuat kekebalan imun perempuan.

Macam-macam kista sangat banyak dengan karakteristik yang berbeda-beda pula. Semuanya harus diwaspadai agar tidak menjalar dengan cepat dan menyebabkan hal yang lebih buruk.  Sebaiknya sebelum terjadi, akan lebih baik untuk dicegah dengan pola hidup sehat. Langsung saja kita simak penjelasan tentang macam-macam kista yang wajib diketahui:

Kista Corpus Latum

Macam-macam kista yang pertama adalah jenis kista corpus latum. Jenis ini adalah kista yang paling sering ditemukan pada perempuan yang terserang penyakit kista. Pada ukuran 2-6 cm tidak ditemukan tanda tertentu atau gejala tertentu.
Namun saat telur keluar dari ovarium ke rahim, folikel akan terisi cairan ataupun darah.  Bila pada bagian batang ovarium terlilit rasa sakit yang luar biasa akan dirasakan. Hal tersebut tentunya harus segera diatasi dan perlu tindakan berupa operasi.

Kista Hemorrhagic

Jenis kista yang satu ini merupakan macam-macam kista yang memiliki gejala berupa kram perut. Jadi bagi wanita yang saat menstruasi mengalami pendarahan yang disertai dengan kram yang luar biasa, harus segera diketahui penyebabnya. Bisa jadi itu kista hemorrhagic yang berbahaya.

Kista Dermoid

Kista ini merupakan macam-macam kista yang bisa menyerang wanita yang berusia lebih muda. Kista ini bisa sampai ukuran 15 cm.  jenis kista ini bukan saja berisi cairan, namun bisa berupa lemak, rambut, dan jaringan tulang rawan.
Kalau tidak segera diatasi bisa menyebabkan tuba fallopi terlilit sekaligus menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Maka kalau sudah terdeteksi dini bisa dilakukan tindakan operasi secepat mungkin agar tak menyebabkan sesuatu yang lebih kompleks lagi. Selain itu, ubahlah kebiasaan makanan junk food dan minuman bersoda agar terhindar dari penyakit kista.

Simak Juga  Inilah! 3 Obat Herbal Ejakulasi Dini Paling Banyak Diburu Pria Sepanjang Masa

Kista Endometrium

Kista ini merupakan macam-macam kista yang juga banyak dialami oleh wanita. Kista berisi cairah kecoklatan yang dapat mengganggu kesuburan wanita. Selain itu  juga akan membuat haid menjadi sangat nyeri. Nah, ketahuan kan jika macam kista sangat banyak sekali. Penyakit ini dialami perempuan karena penyakit ini gangguan bagian ovarium. Penyebabnya sangatlah bermacam-macam. Untuk Anda yang sedang terkena serangan kista sesegera mungkin mencari pengobatan kista sebelum kista itu menjadi lebih ganas. Sedangkan bagi Anda yang belum terkena, sebaiknya menjaga kesehatan ovarium sebaik mungkin. Semoga Bermanfaat!

Salam sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!