4 Jamu Anak Sehat dan Alami Tanpa Obat Kimia

Saat ini jamu atau ramuan herbal masih belum banyak dilirik oleh orangtua untuk menjaga kesehatan harian buah hatinya. Para orangtua masih saja mengandalkan obat obat kimia yang dijual di pasaran, baik dengan alasan lebih praktis, tidak ribet atau karena iklan di media yang sangat gencar. Dan tidak dapat dipungkiri obat obat di pasaran, tentu saja obat kimia dengan segala macam kontra indikasinya.

Padahal jika orang tua mau memanfaatkan beberapa bahan herbal di sekitarnya. Seperti kunyit (antibiotik  alami), madu (anti bakteri), daun jambu dan lain-lain. Maka akan memberikan manfaat positif untuk si buah hati agar tetap sehat dan cerdas alami.

Memang, ramuan herbal juga tidak mudah di terima oleh anak-anak, selain karena rasanya pahit, juga warna dan aromanya tidak menarik. Oleh karena itu, agar ramuan herbal bisa dengan mudah diterima  oleh anak-anak, maka orangtua mesti cerdas dalam meramu dan menyajikan ramuan herbal alami untuk menjaga kesehatan harian buah hatinya. Berikut 4 ramuan herbal yang aman untuk menjaga kesehatan sehari hari si kecil.

Ramuan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Memperbaiki Pencernaan

Inilah bahan bahan ramuan herbal yang harus Anda siapkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan anak Anda. Bahan tersebut yaitu kunyit, madu dan jeruk nipis. Cara membuatnya; siapkan dua rimpang kunyit sebesar jempol, kemudian di parut dan diperas. Dari perasan itu didapatkan 2 sendok makan, lalu tampung di dalam gelas. Siapkan pula ½ (setengah) sendok teh madu, lalu campur perasan kunyit, dan tambahkan sedikit air jeruk nipis. Berikan ramuan herbal ini kepada anak sebelum makan. Lakukan cara ini hingga tiga hari berturut-turut.

Simak Juga  6 Cara Gampang dan Menyenangkan Cegah Obesitas!99% Turunkan Berat Badan

Ramuan untuk Batuk

Bahan yang harus Anda siapkan adalah jeruk nipis. Caranya; jeruk nipis di peras hingga memperoleh air perasan sekitar satu sendok makan, tambahkan madu sedikit saja, lalu berikan kepada anak Anda.

Ramuan untuk Diare

Untuk ramuan herbal diare, bahan yang harus Anda siapkan adalah 2-3 daun jambu biji. Cara meramunya; cuci bersih daun biji tadi, setelah itu rebus dalam panci. Setelah hangat-hangat kuku atau dingin sama sekali. Berikan kepada anak Anda yang menderita diare. Daun jambu biji bersifat astringen, sebab mengandung tanin yang bekerja menciutkan selaput lendir usus.

Ramuan untuk Dehidrasi

Ramuan yang harus Anda siapkan untuk mengobati dehidrasi adalah air kelapa muda (manis rasanya). Caranya; campurkan 500 ml air kelapa muda dengan 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh garam dapur dan 250 ml air matang hangat. Lalu aduklah bahan bahan tersebut, dan berikan sesering mungkin (sedikit demi sedikit).

Demikian 4 Jamu Anak Sehat dan Alami Tanpa Obat Kimia. Semoga bermanfaat, Salam sehat dan bahagia untuk Anda dan Keluarga.