4 Efek Samping Mie Campur Nasi yang Belum Diketahui Banyak Orang!

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, namun tak jarang nasi juga sering dikonsumsi bersamaan dengan mie agar merasa kenyang. Meskipun rasanya cukup nikmat dan memang mengenyangkan, namun tak ternyata dibalik itu terdapat efek samping mie campur nasi yang masih belum banyak diketahui. Efek samping mie campur nasi juga tak boleh dianggap remeh karena bisa menimbulkan memicu timbulnya penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Seharusnya saat mengkonsumsi makanan, sebaiknya makanan tersebut mengandung gizi yang seimbang yaitu meliputi karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan nutrisi lainnya. Jika Anda mengkonsumsi mie campur dengan nasi, maka makanan ini akan menjadi makanan yang kurang seimbang karena baik mie maupun nasi merupakan jenis karbohidrat dan juga memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam satu porsi mie mengandung 400 kalori dimana kandungan kalori ini setara dengan satu piring nasi yang dilengkapi dengan lauk. Oleh karena itu apabila Anda memutuskan untuk mencampur mie dan nasi lalu dikonsumsi, maka hal tersebut sangat berbahaya. Mengkonsumsi mie campur dengan nasi, maka jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh sangatlah besar padahal jumlah kebutuhan kalori seseorang per hari sekitar 1800-2000 kalori saja. Jumlah kalori tersebut juga masih dibagi menjadi jam makan dalam satu hari.

Dengan membiasakan diri terus menerus mengkonsumsi mie campur nasi, maka tak menutup kemungkinan Anda dapat merasakan efek samping mie campur nasi yang berbahaya untuk tubuh. Berikut ini akan dijelaskan efek samping mie campur nasi yang perlu untuk Anda ketahui.

Menyebabkan Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 1

Sebagai kombinasi makanan yang mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi, maka makanan ini akan dicerna menjadi glukosa sehingga dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula dalam darah. Hal ini bisa berdampak pada pankreas yang harus bekerja lebih keras untuk memproduksi hormon insulin sebagai penyeimbang gula darah. Apabila pankreas dipaksa bekerja keras secara terus menerus, maka pankreas akan cepat rusak sehingga bisa menimbulkan efek samping mie campur nasi yaitu diabetes melitus 1.

Simak Juga  7 Ciri Ciri Ejakulasi Dini, Kenali Lebih Dini Sebelum Terlambat!

Obesitas

Kandungan tinggi kalori yang dimiliki oleh mie dan nasi, maka efek samping mie campur nasi yaitu dapat menimbulkan obesitas karena kalori dan lemak yang dihasilkan hanya akan tertimbun di dalam lapisan perut.

Diabetes Mellitus Tipe 2

Orang yang menderita obesitas serta hipertensi biasanya akan mudah terserang diabetes melitus tipe 2. Hal ini disebabkan karena lemak yang menutupi sel tubuh akan membuatnya menjadi resistan terhadap insulin. Dalam hal ini gula dalam darah akan sulit diubah menjadi energi sehingga menjadi penyebab diabetes melitus tipe 2.

Hipertensi

Mie yang sering Anda konsumsi memiliki kandungan sodium yang tinggi sehingga jika dikonsumsi secara terus menerus dapat memicu naiknya tekanan aliran darah yang akan berdampak pada timbulnya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Itulah informasi mengenai efek samping mie campur nasi yang masih belum banyak diketahui. Selain penjelasan di atas sebetulnya masih terdapat efek samping lainnya dari mengkonsumsi mie campur nasi seperti timbulnya penyakit kanker, jantung, stroke, dan kolesterol tinggi.

Oleh  karena itu sebaiknya mulai dari sekarang hindari konsumsi mie campur dengan nasi agar terhindar dari efek samping mie campur nasi yang berbahaya. Semoga bermanfaat! Salam sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!

One thought on “4 Efek Samping Mie Campur Nasi yang Belum Diketahui Banyak Orang!

  1. hemm padahal enak loh mie dicampur nasi
    ternyata bahaya tohh

Comments are closed.