4 Efek Samping Jeruk Nipis Yang Jarang Diketahui!

Jeruk nipis adalah salah satu buah yang dikenal masyarakat dengan rasa asamnya. Itu sebabnya jeruk nipis sangat jarang dikonsumsi secara langsung. Biasanya jeruk nipis di buat untuk minuman atau sebagai penyedap makanan. Jeruk nipis sangat berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti batuk-batuk. Konsumsi jeruk nipis sesuai dengan kebutuhan akan memberikan efek yang baik bagi penyembuhan penyakit, namun jika dikonsumsi secara berlebih dapat memberikan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan seperti berikut ini :

  1. Sakit Perut

Kandungan asam amino dan asam sitrat di dalam jeruk nipis sangatlah tinggi. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk mengkonsumsi jeruk nipis sesuai dengan kebutuhan saja, karena berlebihan akan dapat menimbulkan rasa sakit perut. Selain itu tingkat keasaman yang tinggi pada kandungan jeruk nipis dapat membuat asam lambung naik. saat keasaman lambung meningkat akan dapat membahayakan bagi penderita penyakit maag.

  1. Mengganggu Sistem Pencernaan

Zat asam yang terkandung di dalam jeruk nipis tidak hanya mengganggu kesehatan lambung, namun juga sangat membahayakan bagi pencernaan jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh. Zat asam dapat mempercepat laju proses pencernaan di dalam usus besar, apabila dikonsumsi berlebih dapat mengakibatkan terjadinya diare.

  1. Menipiskan Lapisan Gigi

Lagi-lagi keasaman yang terkandung di dalam jeruk nipis dapat merusak kesehatan tubuh. Kali ini bagian gigi yang menjadi korbannya, ketika sudah terlalu banyak mengkonsumsi jeruk nipis lapisan gigi akan cepat terkikis. Saat sudah terkikis gigi menjadi mudah terserang bakteri yang kerap bersarang di rongga-rongga gigi. Bakteri yang terperangkap ke dalam bagian gigi tersebut akan dapat membuat bau mulut tidak sedap. Jadi keasaman jeruk nipis tidak hanya sekedar mengikis lapisan pada gigi namun juga menyebabkan bau mulut akibat bakteri yang bersarang tersebut.

Simak Juga  Efek Samping Purwoceng yang Wajib Anda Ketahui!

Pada jeruk nipis terdapat kandungan asam yang dapat memberikan efek baik bagi tubuh, tetapi keasaman tersebut juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Oleh sebab itu, mengkonsumsi jeruk nipis sudah seharusnya dilakukan secara benar dan tidak berlebihan. Semoga Bermanfaat! Salam Sehat dan Bahagia untuk Anda dan Keluarga!